My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Berapa Fee jualan di Shopee?

Awal jualan di Shopee, kita jualan masih gratis, ga ada "pemotongan". Tapi makin ke sini makin gede. wajar lah ya, karen Shopee jg makin ke sini kan makin nyari profit.

Nah berapa sih biaya fee yang ditarik oleh Shopee?

Yang saya alami itu biayanya sekitar 8.4% dari omset! Sedangkan margin profit saya hanya 40%. 40 dikurangi 8.4% sisa sekitar 31.6%, ini dibagi bagi ke pengeluaran gaji, marketing, dan lain sebagainya..

Dan lebih nyesek lagi kalau misalkan si Shopee minta kita mendiskon-kan produk kita, supaya bisa ikutan BIG CAMPAIGN seperti 99 1010 1111 1212 dst... Tarolah kalau kita kasih diskon 10% saja, berarti profit kotor saya tersunat jadi hanya tinggal 21.6%... ga nutup serius.. Oya belum lagi pajak, ada pajak iklan, pajak ini, pajak itu dan seterusnya...

Itulah makannya pelan pelan saya menaikkan harga.. Saya jadi faham betul, kenapa brand brand besar itu makin dia besar makin mahal juga harganya.. Padahal kan logikanya makin besar, produksi makin murah, sehingga harga bisa makin murah dong? padahal ngga loh... Tapi kalau yang namanya brand besar, pengikutnya juga besar kali ya.

balik lagi ke fee yang Shopee tarik, jadi 8.4% itu dari mana saja?

Karena Bajuyuli udah Shopee Mall, fee yang ditarik oleh Shopee itu 5%.

Lalu sekarang gratis ongkir itu ga semuanya ditanggung oleh Shopee. Jadi penjual jg harus nanggung, kalau ga salah 1-2%. sisanya pajak.. jadi kalau ditotalkan ya sampai 8.4%.

Ini karena saya Shopee Mall makannya gede, kalau anda Star Seller itu fee biaya admin nya hanya 1% kok, bahkan yang Seller Biasa, ga ada fee nya kalau ga salah.

Biaya berjualan di Shopee
Biaya berjualan di Shopee


Nah apakah ini bagus atau jelek? apakah anda harus berjualan di Shopee?

Saya jawab RELATIF, duh klise banget deh. hehe

Buat saya, ini masih lebih murah ketimbang ngiklan di Facebook atau Google. di Facebook atau Google, saya masih struggling di angka 25% untuk biaya marketing.. Artinya untuk mendapatkan omset 100rb rupiah, saya harus keluar uang 25rb rupiah.. menyisakan 15% utk biaya operasional lainnya.. lebih mahal kan ketimbang Shopee?

nah ini bisa beda beda, saya juga masih terus menerus ngulik gimana ngiklan yang lebih efektif. Gimana meningkatkan kualitas iklan, dan seterusnya...

Jadi saran saya, evaluasi bisnis anda. Platform mana yang lebih profit buat anda. Jika SHopee lebih profit, ya pasang mode "attack" nya di Shopee, yang lainnnya mode "defense" aja. Atau kalau jualan di FB / IG lebih profit, ya "attack" lah si FB ads, budget marketing di Shopee nya se minimal mungkin saja.

Ya itu aja sharing singkat ini, semoga jualan kita sama sama laris manis ya.. amin..

0 Response to "Berapa Fee jualan di Shopee?"

Posting Komentar