My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Ciri Orang "Kuuleun"

duh saya ga tau padanan yang pas dalam bahasa Indonesia soal kuuleun ini.
Kuuleun itu kata dari bahasa Indonesia, yang artinya sifat orang yang tidak mau berkembang yang mungkin karena malas.

Kalau di bahasa Inggris mungkin agak lebih nyambung, kuuleun = fix mindset. Kebalikan dari growth mindset.

Sepengalaman saya, orang kuuleun ini cirinya sebagai berikut:

1. Dikritik, malah melawan

Ini ciri paling utama dari orang yang punya fix mindset alias kuuleun.

Siapa saja boleh mengkritik siapa saja. Kritik itu ga harus benar, kritik itu bisa saja salah. Yang jadi soal adalah bagaimana orang yang dikritik merespon kritik yang datang.

Apakah anda orang sempurna? apakah anda pemimpin terbaik di dunia ini? apakah anda karyawan terbaik tidak ada celah? tidak kan...

Maka tidak mungkin anda lolos dari kritik..

Orang kuuleun akan melawan semua kritik yang datang padanya. Bisa dengan mempertanyakan balik si kritik, berargumen bahwa kritik salah, dan lain sebagainya..

Jadi kalau anda mau jadi orang yang berkembang, janganlah menolak semua kritik yang datang pada anda. Terima dulu, kalau ternyata benar ya benahi diri, kalau salah ya cuek aja, toh itu salah kan?

2. Melihat siapa, bukan apa

Tambahan dari soal kritik, biasanya orang fix-mindset ini melihat siapa yang mengkritiknya lebih kental ketimbang konteks si kritikan.

Ibaratnya gini. Dengan konteks yang sama, tapi jika disampaikan oleh orang yang berbeda, seperti strata jabatan dlsb, keberterimaan kritik akan jadi berbeda.

Umumnya orang fix-mindset akan menganggap rendah kritik dari bawahan atau orang yang dia lihat lebih rendah daripada dirinya.

Sedangkan jika kritik dari orang yang lebih tinggi seperti atasan, tokoh masyarakat, dlsb. Ada kemungkinan kritik akan diterima positif.

3. susah mengakui kesalahan

Orang kuuleun itu ga solutif. Karean boro boro nyari solusi untuk masalah yang terjadi, kesalahannya pun tidak diakui bahwa itu salah..

Bagaimana mungkin nyari solusi kalau orang nya tidak merasa salah, atau tidak mengakui kesalahan. Kan solusi itu harus ada masalah..

Ah banyak sekali orang seperti ini. Melakukan kesalahan melakukan banyak pembelaan, yang parah itu sampai nyalahin orang lain atau nyalahin kondisi external.. ini parah..

Jadinya nyari solusi juga percuma kan? krn ybs jadi tidak membenahi diri...

4. sudah puas dengan hidupnya

Secara umum. Orang fix-mindset ini sudah puas dengan hidup mereka. tidak ingin ada perubahan. Tidak ingin ada perkembangan.

Hidup bagaikan air mengalir, terserah mau dibawa kemana.. Kalau nyaman dan sudah biasa dilakukan, akan dilakukan, jika tidak akan ada penolakan.

Dkritik ga mau.. melihat siapa yang mengkritik, bukan apa kritikannya... susah mengakui kesalahan..

Lengkap sudah, hidup orang yang fix-mindset alias kuuleun, ya gitu gitu aja..

0 Response to "Ciri Orang "Kuuleun""

Posting Komentar