My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menggunakan Shopee Iklanku

Saya sudah pakai Shopee Iklanku atau Shopee Paid Ads kurang lebih 3 tahun. Saya pun masih belajar terus dalam menggunakan Shopee Iklanku ini. Sebelum baca lebih lanjut, lebih baik baca dulu tips tips dasar untuk berjualan di Shopee di sini: Tips dan Trik Berjualan di Shopee

Shopee Iklanku ini adalah fitur yang disediakan dari Shopee untuk penjual penjualnya beriklan atau memaksa produk si penjual muncul di pencarian Shopee. Jadi misalkan anda memasang iklan di kata kunci "gamis anak", dengan menggunakan Shopee Iklanku ini, produk anda bisa muncul lebih sering daripada tidak menggunakan iklan. Sesering apa munculnya? tergantung seberapa besar anda memasang harga per klik. Makin besar harganya, makin besar kemungkinan munculnya. Tapi jangan disalah artikan bahwa semakin banyak muncul, pasti laris loh ya... Karena bisa saja semakin banyak muncul malah rugi, karena omset yang dihasilkan ga nutup biaya iklan.

Belakangan muncul juga fitur Iklan Produk Serupa dari Iklanku Shopee ini, jadi produk anda bisa muncul di halaman kompetitor atau penjual yang menjual produk serupa dengan yang anda jual. Tapi jujur aja saya belum begitu merasa fitur ini efektif buat saya.

Berikut ini tips menggunakan Shopee Iklanku dari pengalaman saya pribadi:

1. Shopee Iklanku bukan segalanya

Salah besar kalau Shopee Iklanku dijadikan alasan 1-1 nya suatu produk laris manis. Ini sering banget pertanyaan dateng ke saya minta tips iklan Shopee supaya laris dan laku jualannya..

Padahal Iklanku Shopee ini secara fakta dan data, hanya menaikkan 10% dari penjualan secara umum. Ini saya terima dari webinar series official Shopee nya loh... Jadi sejago apapun anda nanti ngulik ngulik Shopee Iklanku, dan sebesar apapun budget anda, hanya akan menaikkan 10%!

Supaya jadi laris di Shopee itu banyak sekali faktornya, selain iklanku adalah
  • kualitas upload produk (foto, judul, deskripsi, kategori, dlsb)
  • drive traffic dari external (organic search Google, klik dari sosmed, dlsb)
  • promo selain iklanku
  • paket promo dari Shopee
  • dan masih banyak lagi
Jadi bagi yang menganggap Iklanku adalah satu satunya solusi supaua laku, segera insyaf ya. hehe

2. Foto dan Judul adalah kuncinya

Judul yang sesuai adalah kunci produk kita bisa muncul di pencarian Shopee, sedangkan foto yang baik adalah kunci produk kita diklik oleh calon pembeli.

Gunakan judul yang umum dipakai sebagai contoh saya jualan "gamis anak", saya WAJIB menempatkan kata gamis anak di judul produk saya. Karena orang secara umum mengenal produk yang saya jual adalah gamis anak, padahal produk gamis anak ini bisa saja disebut dengan dress muslim anak, jubah anak, dan persamaan persamaan lainnya. Jadi kalau saja saya menulis judul dengan mengandung kata "jubah anak" saja, maka tidak akan muncul di pencarian "gamis anak", padahal kata tersebut yang lebih umum dicari.

Bayangkan anda adalah pelanggan, dan bagaimana pelanggan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian. Nah gunakan kata kata itu!

Ini berlaku juga di Shopee Iklanku, jika di judul produk anda tidak ada kata "gamis anak", tapi anda memasang iklan di kata kunci tersebut, skor iklan anda akan jelek, dan kemungkinan produk anda keluar di hasil pencarianpun jadi kurang baik.

Lalu untuk foto, sebenernya saya agak heran dengan Shopee. Shopee sendiri menyarankan bahwa foto produk yang baik adalah dengan background polos diutamakan putih. Tapi produk produk terlaris Shopee rata rata background nya tidak putih polos! Nah jadi saran saya, gunakanlah foto yang menurut orang lain menarik. Terserah mau background putih kek, background tematik kek, dan lain sebagainya. Asalkan JANGAN terlalu banyak tulisan. Kalau banyak tulisan itu namanya bukan foto produk, tapi poster atau pamplet.

3. Hanya iklankan produk yang Conversion Rate nya di atas 2% dan stabil

Secara umum, conversion rate yang baik di Shopee itu sekitar 2%. Artinya jika produk anda 100 kali diklik, akan ada 2 kali penjualan. Jika kurang dari itu, berarti produk anda memang tidak laku, atau jelek.

baca juga: Tingkat Konversi yang Baik di Shopee

Makannya hanya iklankan produk yang memiliki conversion rate di atas 2%, karena jika tidak percuma saja anda mengiklankan, karena calon pembeli tidak suka dengan produk anda. Dan pilihlah yang stabil ya conversion ratenya, jadi kalau dalam 3 bulan terakhir conversion rate nya di atas 2%, bolehlah anda mengiklankan produk tersebut.

Kenapa harus yang stabil? karena jika anda menaikkan impression / produk dilihat, diharapkan conversion ratenya tetap sama, sehingga produk anda lebih banyak terjual.

Jadi ibaratnya jika anda produk anda dilihat dalam 3 bulan ke belakang adalah 100x, 400x, 1000x dan conversion rate nya cenderung rata di atas 2%, maka jika anda meningkatkan produk dilihat akan membuat produk anda tambah banyak yang terjual..

Nah maka dengan menggunakan kaidah ini, maka produk yang baru anda launching itu artinya kurang baik untuk dipakai Shopee Iklanku. Lebih baik gunakan dulu promo yang lain sehingga ketauan angka conversion ratenya setidaknya 3 bulan ke belakang.

Bagaimana cara cek conversion ratenya?
masuk ke Shopee Seller Center --> klik Bisnis Saya --> klik produk --> klik Performa --> lalu centang "Tingkat Konversi (Pesanan Dibayar dibagi Kunjungan)"

Cara cek conversion rate produk di Shopee
Cara cek conversion rate produk di Shopee


Setelah melakukan step di atas, akan ditampilkan produk produk anda beserta dengan data conversion rate nya.



4. Mulai dari yang paling murah

Untuk awal awal, jangan gunakan harga rekomendasi Shopee. Dijamin biaya iklan anda akan membengkak!

Saran saya adalah gunakan bid klik nya yang paling rendah dulu. Lalu pantau SETIAP HARI produk produk anda yang anda iklankan tersebut, mana yang "produk dilihatnya" rendah, maka naikkanlah biaya per klik nya, jika sudah bagus ya biarkan.

Ingat sekali lagi Shopee Iklanku ini harus anda pantau setiap hari sampai anda faham dan menemukan strategi seperti apa yang cocok buat anda.

==

Sekian tips ini, saya juga masih sama sama belajar. Mudah mudahan tips ini bisa membuat dagangan anda laris. Jika ada pertanyaan feel free untuk kontak saya ya di sini ya..

0 Response to "Tips Menggunakan Shopee Iklanku"

Posting Komentar