My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Biaya per Klik di Shopee Iklanku

Artikel ini tips agak tingkat tinggi soal Shopee Iklanku.. Kalau nyasar di sini dan masih butuh mater basic, saran saya baca dulu artikel saya yang ini:

Biaya iklan per klik Shopee
Biaya iklan per klik Shopee

Jadi sepengalaman saya, biaya per klik (CPC) di Shopee Iklanku itu sekitar 400 rupiah. Harga ini lebih mahal daripada CPC di FB-Ads.. Pengalaman saya dan pengalaman anda bisa jauh berbeda ya, ini tergantung dari tipe bisnis yang dijalankan.

Jd buat anda yang masih ngulik2 Shopee Ads, saran saya jangan pasang biaya per klik dari 500 rupiah.. Jangan pedulikan biaya rekomendasi dari Shopee.

Loh kok 500? kan rata2nya 400?

Ya itu utk ngasih keleluasaan sedikit utk iklan anda. Jadi kadang memang biaya iklan itu di atas 400, dan kadang di bawah 400. Jadi supaya tepat bisa dapat rata2 400, pasang biaya iklan lebih sedikit, yaitu ya 500 rupiah.

Apakah ini berhasil?
Tidak juga, bisa dilihat di atas, dalam 30 hari terakhir, saya beriklan di Shopee kurang lebih 9jt, omset yang didapat kurang lebih 36jt, jadi biaya iklannya kurang lebih 25%! sedang gross profit produk saya itu hanya 40%.. belum dihitung karyawan, belum dihitung biaya fee Shopee, dan masih banyak lagi... masih boncos banget..

Tapi...

Ya memang betul kalau hanya dilihat dari angka di Shopee Iklanku memang spt itu, tapi Shopee Iklanku bukanlah segalahnya dalam menghasilkan uang di Shopee. Kontribusi Shopee Iklanku ke omset keseluruhan bisnis saya, hanya sekitar 10%.

Mayoritas sih dari pencarian organic, alias yang nge-search produk saya di kolom search Shopee.

Jadi biaya iklan 25% itu masih "menguntungkan" buat saya..

Contohnya gini, mungkin saja ada calon pembeli yang klik iklan anda namun tidak beli langsung. Dia baru beli misalkan baru akhir bulan. Kayanya sih ini ga kemasukin di angka di Shopee Iklanku tersebut.

Belum lagi kalau kita hitung LIFETIME VALUE, simplenya tingkat repeat order bisnis kita. Jadi di bisnis saya itu, kurang lebih 25% pelanggan akan beli lagi kedepannya. Dan ini tanpa perlu ngiklan.. Karena kan ybs sudah tau produk saya, ya tinggal langsung beli aja toh..


Makannya penting loh mencatat seluruh pembelian, sehingga bisa mengukur tingkat repeat order dari bisnis kita.

Balik lagi ke Biaya Per Klik Shopee Iklanku...

Saran saya, anda jangan langsung pasang tinggi. Cobain dulu pakai biaya minimal, yaitu 180 rupiah per klik, kalau sudah ketahuan keyword mana yang menghasilkan penjualan, baru deh pelan pelan anda naikin.

Kalau saya sudah menemukan keyword yang OK, biasanya besoknya saya langsung naikkan 2x lipat si budget per kliknya.. Apakah ini berhasil? ngga juga, karena jika besoknya keyword ini "jelek" akan saya turunkan jadi 0.85x dari budget sebelumnya... Begitu terus sampai menemukan iklan yang stabil, dan maximal biaya per klik adalah 500 rupiah.

Ok sekian aja, tips ini semoga bermanfaat.

Kalau mau diskusi silahkan bisa japri saya, cari aja page "tentang saya" di blog ini ya...
























0 Response to "Biaya per Klik di Shopee Iklanku"

Posting Komentar