My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pengalaman Facebook Collaborative Ads Shopee

Kalau ga salah baru beberapa bulan ini Facebook meluncurkan produk ads baru namanya Collaborative Ads. Yang intinya ads ini adalah sama dengan Conversion Ads tapi bukan ke website kita sendiri, tapi ke website marketplace.

Dengan terbitnya ads ini berarti bukti bahwa memang banyak sekali penjual online yang tidak punya website, atau websitenya tidak bisa checkout, atau conversion diselesaikan melalui WA. Website Bajuyuli pun begitu, dari awal saya buat memang berencana hanya sebagai katalog saja, dan penyelesaian perbelanjaan berakhir di WA atau checkout di Marketplace.

Nah baru 2 bulan ini saya jalankan Collaborative Ads FB dengan Shopee. Jadi saya bisa ngiklanin produk saya melalui Facebook dan landing pagenya adalah website/apps Shopee. Sebenernya tanpa set objective Collaborative Ads pun kita udah bisa menaruh landing page kita ke Shopee, cuman jadinya ga terukur. Dengan Collaborative Ads, pixel yang dipakai adalah pixelnya Shopee. Dan dengan itu kita bisa ngukur sudah terjual berapa, berapa penjualannya, dan seterusnya.

Bagi yang sudah faham tentang Shopee Ads, kasarnya Collaborative Ads ini hampir sama dengan Shopee Ads tapi melalui Facebook. dah gitu aja, simple kan?

Berikut Review saya tentang Collaborative Ads yang sudah jalan selama 2 bulan:

1. Harus request dulu ke Shopee

Jadi saya tau ada iklan ini itu karena ditelpon oleh marketing Facebook. Saya memang mengiklankan produk saya dengan landing pagenya Shopee, lalu kata orang Facebook, katanya sekarang bisa koneksi langsung dengan katalog Shopee. Dan itu harus request dulu ke Shopee-nya.

Facebook ads itu memungkinkan kita sharing akun dengan orang lain, sharing pixel juga bisa, dan untuk kasus ini kita itu sharing produk katalog dengan Shopee. Gimana cara dapetin aksesnya? nah itu harus kontak RM anda masing masing, RM itu Relationship Managet. Orang yang biasanya sering ngejapri anda dan ngasih tau tentang promo Shopee ke anda via WA.

Kalau anda ga punya RM, coba kontak CS Shopee umum, mudah2an bisa.

Nah setelah RM OK, nanti diarahkan untuk nge-email orang marketingnya Shopee. Nanti akan disuruh isi form, dan melakukan beberapa settingan di FB Ads Manager kita, nanti ini ada panduannya kok. Setelah itu udah akan ditinjau, lalu disetujui deh.

Waktu itu saya hanya memakan waktu 3 hari doang kok. ga tau deh kalau sekarang.

2. Intinya remarketing

Nah setelah sudah punya akses ke katalog produk kita di FB Pixelnya Shopee. Kita bisa ngiklanin deh katalog tersebut. Nanti setelah di-approve, akan ada panduan untuk set-up iklannya juga loh. Jadi udah enak banget. Tinggal ngikuti aja.

Di panduan tersebut, menyarankan kita menggunakan audience yang pernah melihat produk kita di Shopee dalam 180 hari ke belakang. ini artinya remarketing. Yang namanya remarketing, harusnya audiencenya itu "hot".

Panduan memasang Collaborative Ads Facebook Shopee
Panduan memasang Collaborative Ads Facebook Shopee


Sebenernya bisa saja pakai custom audience yang kita punya, tapi karena Shopee nyaraninnya itu ya ikuti aja.. Saya pun udah nyobain pakai custom audience yang saya punya, hasilnya ga sebagus kalau audience remarketing Shopee.

3. Belum bisa custom ads level

Sayangnya jenis iklan ini kita ga bisa custom ads level. Kita ga bisa ganti gambar, kita ga bisa pakai video. Jadi hanya bisa menggunakan gambar yang tertampilkan di produk kita. Tapi kalau produknya bisa milih ya..

Pilihannya hanya single image, carousel, atau automatic. Lalu yang bisa ditambahkan hanya header dan description saja. Untuk link udah otomatis ke link produk kita loh, keren banget kan? jadi kalau kita ngiklanin 10 produk, setiap produk itu linknya langsung ke produk kita di Shopee. mantap!

4. ROAS = 5 atau CIR = 20%

ROAS adalah Return on Ads Spent, sedangkan CIR adalah Cost Income Ration. ROAS artinya berapa kali rupiah yang kita dapat, dan CIR artinya berapa persen uang yang kita keluarkan, 2 makhluk ini berbanding terbalik. Jadi contohnya gini:

Jika anda mengeluarkan biaya 25rb rupiah untuk menjual produk dengan harga 200rb rupiah. berartiii..

ROAS = 200rb / 25rb = 8

CIR = 25rb / 200rb = 1 / ROAS = 12.5%

Nah dalam 2 bulan ini saya pakai Collaborative Ads Facebook, saya dapet angka ROAS sebesar 5 koma sekian. Dimana sebenernya budget saya untuk ngiklan itu di ROAS = 12.5. jauh banget! Ini perlu saya ulik ulik lagi.

hasil ngiklan Shopee di Facebook
hasil ngiklan Shopee di Facebook



Padahal di Shopee ads saya udah berhasil mendapatkan ROAS ±12.5%. itu dengan percobaan yang lebih dari setaun.

Karena audience untuk Collaborative Ads ini memang khusus untuk Remarketing, maka audience jangan diubah. Ads creative juga ga bisa diubah. Jadi yang perlu di-utak-atik adalah produk mana yang diiklankan.

Pengalaman saya, iklan dengan perdorma bagus jika produk di atas 3 dan di bawah 10. Kurang atau lebih dari itu saya boncos banget. Tapi bisa beda beda loh ya.

Bacaan lanjutan: https://www.garoblogz.com/2020/10/tips-collaborative-ads-facebook-shopee.html

Ya sekian aja, jika ada pertanyaan bisa tambahkan di komentar di bawah, atau bisa japri saya langsung, cek di sini.

Kalau udah dapet akses ke FB Pixelnya Shopee, klik link ini untuk cara set-up iklan Facebook Collaborative Ads Shopee.

baca juga artikel yang lain tentang jualan di Shopee:


23 komentar:

  1. min, boleh di share panduan shopee collaborative ads nya. Yang warna orange 2 diatas itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu otomatis dikasih kok kalau request access FB Pixel Shopee nya udah approved

      Hapus
  2. Mau tanya, apakah semua penjual di shopee punya kesempatan utk akses collaborative ads dgn shopee, atau memang harus dpt tawaran dr shopee nya langsung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja request melalui RM anda. atau kalau tidak ada RM, request aja by email ke Shopee-nya

      Hapus
  3. Maaf min ingin bertanya, saya belom pernah run fb ads dgn halaman tujuan ke shopee, lalu saya ingin menggunakan collaborative ads dgn tujuan mendatangkan traffic lalu akan saya retargeting, apakah bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya tentu bisa, memang itu tujuan FB Ads CPAS Shopee

      Hapus
  4. assalamualaikum mba admin. saya sudah dapat katalog dari shopee. tp mau menghubungkan ke FB ads belum bisa. gimana caranya? mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam... bisa dibuka ini:

      https://www.garoblogz.com/2021/01/cara-setup-iklan-facebook-collaborative.html

      Hapus
  5. Malam min, ingin memastikan jika menggunakan collaborative ads ini apakah konten iklannya bisa custom sendiri atau konten nya hanya harus sesuai dengan katalog di shopee? Terima kasih seblumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gambar harus dari catalog, alias gambar produk kita di Shopee. kalau caption bisa custom

      Hapus
  6. "Pengalaman saya, iklan dengan perdorma bagus jika produk di atas 3 dan di bawah 10. Kurang atau lebih dari itu saya boncos banget"

    ini yg dimaksud diatas 3 dibawah 10 apanya ya bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu maksudnya jumlah produk yang diiklanin..
      kalau ngiklanin kurang dari 3 misal produk A dan B saja, ini jelek..
      kalau ngiklanin lebih dari 10 produk, kebanyakan, jelek juga

      Hapus
  7. Kak tampilan facebook business manager saya beda dg contoh pdf shopee, beda juga dg tampilan pny kakak.sy liat di kaka namanya catalogue manager yang ada pengaturam set item dll. Di saya namanya commerce manager. Apakah kk tau cara balikin ke versi ke yg kakak? Spy tidak binung ikut petunjuknya. Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. kalau balik ke tampilan lama kaynya ga bisa. FB Business emang berubahnya cepet. di saya juga skg namanya Commerce Manager. sama aja kok, di situ tinggal klik aja Catalog

      Hapus
  8. min kalo iklannya sudah aktif, lalu dimana kita bisa melihat tampilan iklan kita sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksutnya kita pingin nih ngeliat lanagsung dari fb/ignya, dimana ya min

      Hapus
    2. masuk ke ads level, trus klik view chart. di situ ada preview nya

      Hapus
  9. Kang, kalau ngiklan fb ads dan kita landingkan langsung ke shopee apa tidak masalah dengan verifikasi domain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu saya belum coba.. soalnya verifikasi domain kan baru2 ini semenjak iOS 14 aja..

      Hapus