My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Collaborative Ads Facebook Shopee CPAS

Ini adalah lanjutan dari artikel yang ini: https://www.garoblogz.com/2020/09/facebook-collaborative-ads-shopee.html

Setelah kurang lebih 5 bulan saya pakai Facebook CPAS dengan Shopee, saya menemukan beberapa tips menarik yang mungkin bisa anda praktekkan juga. Tapi saya bilang gini bukan berarti tips ini manjur loh ya, saya masih "boncos" dalam menggunakan ikaln ini..

Bukan Standalone Iklan

Artinya iklan ini tidak bisa berdiri sendiri, harus ada iklan lain yang men-support supaya iklan ini performanya bagus. Seperti yang saya bilang di artikel di atas, bahwa inti dari Collaborative Ads dengan Shopee ini adalah remarketing.

Ilustrasinya seperti ini.. Jika anda hanya memiliki 1 view, lalu anda luncurkan iklan ini, anda hanya me-remarketing 1 orang. Sangt sangat ga efektif, dan percuma..

Jadi view kita harus banyak, supaya remarketing juga efektif. Caranya gimana?

Naikkan budget Shopee Iklanku

Selama saya "main" Shopee, iklan yang paling efektif masih Shopee Iklanku. Ini jauh melebihi eefktivitas iklan lain. Kita bisa menjangkau customer lebih banyak, jadi view juga lebih banyak.

Nyambung dengan poin yang pertama, naikkanlah budget Shopee Iklanku anda. sehingga view lebih banyak, dan remarketing jadi lebih efektif.

Kasarnya begini, jika pelanggan tidak "nyangkut" di Shopee Iklanku, anda masih punya senjata ke-2, yaitu si Collaborative Ads ini.

Secara teori, kasus orang ga jadi beli setelah meng-klik iklan kita itu adalah masalah timing. Entah uangnya belum ada, atau harus riset produk lain dulu, dan masih banyak lagi. Kalau si calon customer kita "ingatkan" terus menerus dengan FB Ads Collaborative ads, harapannya dia menyerah dan beli juga.

tingkat beli di Shopee
tingkat beli di Shopee



Data saya di Shopee menunjukkan bahwa orang ngeklik produk saya tapi ga beli itu angkanya di 46%. artinya dari 2 orang yang ngeklik, hanya hanya 1 orang yang beli. nah 1 orang yang ga jadi beli itu kejer teruss! kejer dengan FB ads Collaborative ads ini

Jangan gunakan custom audience

Sebenernya di artikel pertama saya udah bilang kalau tujuan iklan ini adalah remarketing, tapi saya sendiri masih naif dan mencoba coba menggunakan custom audience sendiri. Berulang ulang saya coba, ga pernah dapet hasil yang bagus. Jujur saya masih penasaran, tapi data yang saya dapat sudah cukup lah untuk saya menyerah untuk ga nargetin Custom Audience.

Atau kalau anda mau nyobain, siapa tau berhasil, saran saya gunakan budget seminimal mungkin untuk menargetkan si Custom Audience ini, misal 50rb/hari

Oya kalau emang masih ngotot mau Custom Audience, saran saya lagi jangan gunakan lookalike, tapi sasar audience yang memang beneran sudah berinteraksi dengan bisnis anda. Misal yang engagement IG, visit web, conversion event, dan lain sebagainya.

==

Duh bahasannya terlalu teknis ya, utk yang newbie maaf ya.. 

2 komentar:

  1. mantap, saya sedang mengikuti tulisan mas tentang ads collaborative facebook ads dan shopee, nunggu kelanjutannya
    terimakasih!

    BalasHapus