My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Free Marketing dari Shopee

Pernah ga anda mengalami habis search produk di Shopee terus produk tersebut "menghantui" anda pas lagi di Shopee? di rekomendasi produk lah, di kolom search, di history pencarian, dan masih banyak lagi.

ya betul! Shopee di dalam platformnya sendiri melakukan remarketing / retargeting.

Baca juga: 
Remarketing atau retargeting itu artinya suatu acara untuk me-marketing-kan produk kita ke orang yang sudah pernah melihat / sudah pernah berinteraksi / sudah pernah membeli. Ini itungannya adalah HOT MARKET. Secara teori akan lebih mudah memasarkan produk ke orang yang udah tau, ketimbang orang baru kan?

Remarketing oleh Shopee
Pencarian Populer di Shopee sebenernya Remarketing



Ini sebenernya marketing gratis yang Shopee berikan kepada penjual. ya memang gratis, tapi Shopee dan penjual, sama sama untung..

Tentu Shopee pengen banget orang banyak yang beli kan? makannya Shopee sendiri harus "campur tangan" kepada pasarnya, ya si platform aplikasi Shopee.

Jangan bayangkan Shopee itu hanya penyedia tempat dan menyerahkan ke mekanisme pasar sepenuhnya (seperti apa yang dilakuakn pasar tradisional / mall), faktanya berbagai macam yang Shopee lakukan akan memihak ke seller tertentu.

Siapa aja seller yang di-"sokong" oleh Shopee?
  • yang beli paket campaign di Shopee
  • yang mendatangkan traffic external besar ke Shopee (misal: dari IG / FB) --> ini mereka lacak loh
  • yang produknya laku banget
  • yang sudah punya nama besar
  • dan masih banyak lagi
Pernah saya bilang di blog ini, memang tidak ada persaingan sehat di Marketplace. Itulah mengapa penjual baru di Shopee itu akan susah sekali menyaingi penjual lama. Yang kaya semakin kaya, yang miskin susah kaya. Kurang lebih seperti itu.

Kita sebagai seller ga boleh menyalahkan itu, karena kalau kita jadi Shopee atau pengelola mall pun pasti akan melakukan hal yang sama.. Yang paling tepat menurut saya adalah dengan "ride the wave" kondisi tersebut.

Seperti yang saya tulis di atas, Shopee akan ngasih FREE remarketing. Makannya manfaatkan betul manfaat itu dengan mendatangkan sebanyak banyaknya traffic ke produk / toko anda.

Kalau anda sudah fasih dengan Shopee Iklanku, saran saya, jika budget iklan anda misalkan 20% dari harga barang, taikkan budget itu jadi 30% atau 1.5x nya.. atau kalau berani ya 2x nya..

Karena kalau orang tidak "nyangkut" di Shopee Iklanku, setidaknya Shopee akan menjalankan jurus ke-2 yaitu remarketing tadi. Belum lagi kalau ditambah iklan external seperti Facebook Ads (baca artikel di atas).

Jangan harap calon customer bisa kabur deh.. Faktanya saya sendiri kalau di-target seperti itu, beberapa kali nyerah dan jadinya beli. hehe. kalau anda bagaimana?




0 Response to "Free Marketing dari Shopee"

Posting Komentar