My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Subscriber atau View?

Ini pertanyaan standar dari orang yang newbie main Youtube, ya kan?


Persepsi ini penting sekali untuk anda yang mau meningkatkan pendapatan di Youtube, supaya jangan salah kaprah.

Jadi penting mana subscriber atau view?

faktanya, banyak subscriber belum tentu banyak yang view. Dan banyak view belum tentu juga banyak subscriber. Dan faktor terpenting kita dapet duit dari Youtube adalah seberapa banyak iklan yang tampil di video kita, yang artinya semakin banyak view semakin besar juga pendapatan anda.

Salah satu channel saya subscriber nya hanya 20k-an, tapi view per hari nya kurang lebih 25rb.. Dengan angka ini saya sudah cukup menggaji 2 karyawan. lumayan banget kan?

nih saya buka dapur saya:

Pendapatan channel Youtube
Pendapatan channel Youtube


Saya coba bedah teori ini dengan membagi 2 kategori channel Youtube, ada channel ENTERTAIN dan ada channel NON-ENTERTAIN..

Channel entertain adalah channel hiburan, seperti video lucu, vlog, hiburan hiburan, artis dan lain sebagainya. Ini penting sekali untuk mendapatkan subscriber, karena traffic source mereka ya subscriber mereka. Fans mereka. Yang akan nonton ketika dapat notifikasi, atau muncul di feed Youtube

Yang kedua yaitu channel NON-ENTERTAIN, ini adalah channel yang membahas edukasi, tutorial, review, dan lain sebagainya. Channel kategori ini tidak terlalu penting punya susbcriber, karena traffic source terbesar mereka adalah SEARCH. baik search dari Youtube maupun dari Google. Dan orang yang sudah view pun ga penting untuk men-subscribe channel seperti ini, as long as permasalahan mereka terselesaikan, mereka pasti akan cabut, ga perlu susbscribe.

Yang keren adalah jika ada channel NON-ENTERTAIN tapi subscribernya banyak, wah ini berlipat lipat view nya. Dari subscriber viewnya gede, dari search juga gede. Contoh channel ini adalah GADGETIN yang lagi ngehype sekarang.

Saran saya jika anda bukanlah orang yang sangat creative, hindari membuat channel entertain. Karena channel enetertain sangat menuntut anda membuat konten fresh terus menerus. Orang juga males kalau kontennya ga bermutu atau itu itu aja.

Sedangkan kalau channel NON-ENTERTAIN, yang mostly memecahkan masalah orang, ini channel akan lebih lestari (evergreen), sampai kapanpun orang akan mencari tutorial masak, pemecahan soal sekolah, pemecahan soal kuliah, dan lain sebagainya. Jadi kasarnya jika suatu saat anda berhenti membuat konten, orang tetep akan ada yang view, dan anda akan tetap dapat pendapatan dari Youtube.

--

Cuman masalahnya, untuk yang baru mulai main Youtube, 1000 subscriber jadi syarat untuk bisa dapet uang, Jika anda bukanlah orang terkenal atau bukan orang yang sudah punya basis masa, ini susahnya bukan main... Saya aja membangun 1 channel utk bisa dapet monetisasi, butuh waktu 1 tahun! jadi harus extra sabar...

Jadi apakah mau dibawa kemana channel anda?

0 Response to "Subscriber atau View?"

Posting Komentar