My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Umum Kota Cimahi

Ok ini adalah aksi saya dalam rangka memenuhi "kebutuhan" baca buku saya, karena lagi bokek untuk beli buku, jadinya lebih baik minjem aja deh ke perpustakaan. baca Mahalnya Beli Buku dan Nyari Buku di Palasari.

Perpustakaan Umum Kota Cimahi
Perpustakaan Umum Kota Cimahi - Jl. Cihanjuang Cimahi


Pagi tadi saya pergi ke Perpustakaan Umum Kota Cimahi yang letaknya di Jl. Cihanjuang, hanya 10 menit dari rumah kontrakan saya. Karena sangat dekat ini lah saya ngebet banget ke Perpus ini, mudah2an dapet buku bagus.

Sesampai di sana jam 09:00, tempatnya bagus, terlihat terawat dan rapi, ada bapak PNS lg baca koran di kursi, meja penerima tamu yang ga ada yang jaga, dan recepsionis 2 ibu ibu.

Jeng jeng jeng, ternyata harus untuk minjem buku di sini harus daftar dulu...

Pendaftaran Perpustakaan Umum Kota Cimahi

Saya diharuskan daftar dulu, dan ada persyaratan yang ga bisa langsung saya kasihkan yaitu: PAS FOTO 4x6 2 lembar dan TANDA TANGAN RT/RW domisili.

Waduh!

Ngeliat syarat itu awalnya saya gemes dan kesel, kok gitu amat ya? itu lebih ribet daripada daftar marketplace.. Yang bikin saya males adalah saya ga bawa foto, dan mesti pulang lagi untuk minta tandatangan pak RT.

Setelah menghela nafas sejenak sambil nanya2 lagi ke ibu resepsionis, eh kata ibunya di di seberang ada pencetakan pas foto. Oh yaudah saya langsung aja ke sana, nyetak pas foto 10 menit, bayar 3ribu perak doang.

Tadinya saya mau lanjutin pendaftaran besok aja, ah tapi tanggung, toh rumah cuma 10 menit doang dari Perpus ini, dan Pak RT saya kan pensiunan jadi kemungkinan besar ada di rumah. Dan alhamdulillah bener saya nyampe rumah, pak RT lg depan rumahnya, minta tandatangan 5 menit, balik lagi deh ke si perpus.

Pendaftaran Selesai...

Buat saya sebenernya ga susah dan ga ribet sih... Tapi gimana kalau yang udah dateng jauh jauh ke Perpus ini? waktunya habis di jalan. Jadi pendaftaran membutuhkan waktu 1 hari.. Praduga saya dibuat seperti ini, supaya tidak ada kehilangan koleksi buku. Tapi apakah di zaman sekarang orang yang mau baca buku adalah orang yang klepto? apakah ada orang ngambil buku di perpustakaan untuk dijual lagi? wallahualam..

Jika benar alasannya itu, menurut saya lebih baik kasih 2 opsi pendaftaran. Deposit uang dan sesuai syarat tadi.

Oya saya gatau formulir ini tersedia online atau tidak, jadi kalau anda berniat untuk daftar besok, lebih baik cek dulu websitenya Perpustakaan Umum Kota Cimahi, kalau formnya bisa didownload, ya mending urus dulu di rumah untuk ttd RT/RW nya.

ehh.. atau bisa print dari tulisan saya ini.. nih formulirnya:

Formulir Pendaftaran Perpustakaan Umum Kota Cimahi
Formulir Pendaftaran Perpustakaan Umum Kota Cimahi


Minjem Buku Melalui Katalog

Setelah proses pendaftaran yang saya selesaikan hanya dalam 1 jam saja, saya diperbolehkan melihat koleksi buku buku dari perpustakaan ini.

Di internet sih kondisi perpusnya bagus, dan bener kok, pas saya lihat pun kondisi fisiknya dan interiorinya memang bagus terawat. Tapi sayang karena sedang protokol menghadapi pandemik Covid-19, saya hanya diperbolehkan untuk milih buku melalui katalog online.

Katalog Online Perpustakaan Cimahi


Pas lagi buka buka katalog ini saya tanya ke akang penjaganya, "apa bisa dibuka di luar?" dia bilang ga bisa. Tapi ini saya cobain bisa kok, jadi anda bisa cek koleksi buku dari perpus ini di sini:

http://library.cimahikota.go.id/opac/

Karena saya memang belum ada preferensi mau pinjem buku apa, jadinya saya pilih pilih agak lama. Mungkin hampir setengah jam. Setelah ketemu mau buku apa, panggil akang penjaganya, dan minta untuk diambilkan.

Buku diambilkan, dicap tanggal peminjaman, lalu bisa dibawa pulang deh..

Maksimal sekali pinjam itu 2 buku, dalam rentang waktu 7 hari, dan GRATIS! nah kalau lebih dari 7 hari bagaimana? nah ini si ibu resepsionis bilang sih ga ada denda, cuma jadi diskors aja ga bisa minjem lagi di perpus ini dalam beberapa waktu

ok kan????

Koleksi Buku

Untuk koleksi buku di sini saya lihat tidak uptodate, eh tapi itu buku buku dengan kategori yang saya cari ya. Seputaran bisnis, manajemen, leadership. Saya lihat paling terbaru yang saya temukan itu terbitan tahun 2012.

Saya ga cek buku buku seperti novel, buku sekolah, buku anak, kamus dan lainnya, apa uptodate atau tidak saya gatau, anda bisa cek sendiri di katalog di atas ya.

Yang jelas buku import ga ada di sini, ga ada koleksi buku bahasa Inggris.

Jadinya peminjaman pertama saya jatuh ke buku karangan om Rhenald Kasali yang beberapa bukunya pernah saya baca juga, dan ke buku karangan Dermawan Wibisana yang merupakan dosen MBA ITB tapi saya belum pernah masuk ke kelasnya beliau.

Peminjaman buku di Perpustakaan Umum Kota Cimahi
Peminjaman buku di Perpustakaan Umum Kota Cimahi

Recommended

Perpustakaan ini recommended! soal "kelambatan" dan "kekolotan" dari perpus ini harap dimaklumi, karena mereka kan instansi pemerintah, bukan START UP. hehe

Selamat mencoba

0 Response to "Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Umum Kota Cimahi"

Posting Komentar