My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Nyari buku di Palasari?

Kemarin saya baru saja ke Palasari Bandung, tempat pasar buku yang sangat terkenal di Bandung. Sewaktu jaman sekolah dulu, rasanya tiap dateng ke Palasari saya selalu mendapatkan buku yang mau dicari. Tapi kermarin tidak.

Saya ke Palasari dalam rangka mencari "menu" buku yang sudah saya tetapkan, yang mendasar ke daftar 100 buku leadership terbaik menurut Amazon. baca dulu: https://www.garoblogz.com/2020/07/kutu-buku.html

Awalnya saya mau belanja online aja di Shopee atau Tokopedia, eh ternyata setelah beberapa buku saya add to cart, total biayanya 3 juta lebih! itu untuk 17 buku

mahalnya buku import
mahalnya buku import

duh 3jt mah ga sanggup untuk saat ini, munngkin lain kali. itulah kenapa saya berpikir untuk mencari yang bekas aja deh di Palasari. baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/07/mahalnya-beli-buku.html

Sesampai di Palasari jam 8an, eh masih banyak yang tutup. Yaudah gpp deh coba muter muter aja, saya cobain masuk ke Toko pertama, menanyakan "pa ada buku import bekas?", jawaban bapaknya langsung bilang "oh itu mah ga ada". Saya naif, dan tetep masuk toko untuk nyari nyari.. dan toko pertama ga dapet...

Lalu muter muter lagi, selalu ditanyakan "cari buku apa?" jujur saya bingung jawabnya, karena yang saya cari bukan 1 buku. jadi saya cuekin aja abang abang yang nanyain kaya gitu.
Suasana toko buku bekas di Palasari Bandung
Suasana toko buku bekas di Palasari Bandung

Nemu toko ke 2 yang menjual buku buku bekas, saya tanya juga apa jual buku import atau tidak, jawabannya tidak. Karena saya jadi pesimis, yaudah saya tunjukin aja daftar buku yang saya cari ke si abang toko ke-2 ini. Setelah liat daftar tersebut, dia langsung muter muter sendiri nyari buku buku yang saya cari. Hasilnya apa? hanya dapat 2 buku dari list yang saya cari, dan salah satunya sudah saya baca, 1 buku lagi lsg saya beli. Tapi abangnya mengaku ada beberapa buku yang familiar.

Buku yang saya beli itu terjemahan bahasa Indonesia, dimana saya agak trauma baca buku best-seller yang sudah diterjemahkan. Gara gara waktu itu saya baca buku dengan judul Unbranding versi bahasa Indonesia, setelah saya baca berulang ulang memang terjemahannya sulit sekali dimengerti. makannya saya trauma.

Lalu saya jalan lagi percobaan terakhir ke toko buku terbesar di Palasari, yaitu Bandung Book Centere. Duh sedihnya tempatnya terlihat kotor dan agak kumuh, perasaan dulu ke sini tempatnya sebagus Gramedia. Tapi kini ga lagi. Mungkin apa karena pandemik kali ya?

Sama dengan toko sebelumnya, pertama dateng saya tanyain apa ada buku import atau tidak, jawabannya pun sama: "tidak ada". Yaudah deh saya jalan jalan aja di dalem toko, siapa tau ada buku yang nyangkut. Muter2 setengah jam lebih, saya nemu bukunya Rhenald Khasali, lanjutan dari buku dia yang sudah saya baca, yaudah saya beli deh. jadi keluar dari tujuan. hehe

Yahh kecewanya saya perburuan buku gagal. Hanya dapat 1, itupun versi Bahasa Indonesia, mudah2an terjemahannya bagus dan mudah dimengerti.

Jadi kesimpulannya, di Palasari Bandung tidak ada buku import. Di sana buku yang mudah didapatkan adalah buku kamus, Al-Quran, buku sekolah, dan buku kuliah. Jadi jika seperti saya yang mencari buku bisnis dan leadership, akan kesusahan, kecuali buku itu memang benar benar terkenal.

Dengan ini saya terpaksa menimang nimang untuk beli online, mencoba ke toko Buku Import offline di Bandung (Periplus dan Books Beyond), meminjam buku ke perpusakaan, atau mencoba pasang iklan WTB di internet.

Sekian semoga bermanfaat.

0 Response to "Nyari buku di Palasari?"

Posting Komentar