My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Konsisten Bersepeda

Hari ini saya genap 6 hari berturut turut bersepeda pagi, dengan rute yang sama, kecepatan yang sama, dan waktu yang sama.

Sesuai teori yang saya baca, kalau mau membuat suatu kegiatan menjadi kebiasaan (habit) kita harus bisa konsisten setidaknya 66x atau kalau setiap hari dilakukan, minimal harus 66 hari tanpa putus! baca juga: 66 Hari Untuk Membuat Kebiasaan

Olahraga pagi adalah salah satu dari sekian banyak kebiasaan yang ingin saya kerjakan dalam hidup saya. Beberapa alhamdulillah sudah berhasil seperti 1 posting blog setiap hari, dan baca buku 100 halaman sehari. Yang sekarang dalam proses ya bersepeda ini. Yang ingin diwujudkan tapi belum berhasil adalah tahajud setiap hari, puasa Senin Kamis, tidak tidur setelah sholat shubuh, daaannn masih banyak lagi.

Balik lagi ke soal bersepeda ini, anda bisa baca dulu artikel saya yang ini: Bersepeda atau Jogging?
6 hari berturut turut bersepeda
6 hari berturut turut bersepeda

Target saya sebenarnya adalah olahraga pagi setiap hari, akhirnya saya memutuskan untuk gowes atau sepeda aja karena sepeda ga terlalu cape. Hehe.. 6 hari ke belakang saya melalui rute yang sama, dengan jarak kurang lebih hanya 4.5km, dan waktu tempuh 20 menit. Yang penting buat saya adalah waktu tempuh, sekarang sudah terukur bahwa rute tersebut saya tempuh 20 menit, paling jelek adalah 22 menit, maka saya bisa menentukan waktu yang tepat untuk melaksanakan kebiasaan baru ini.

Rencana saya, ruter yang sama ini akan saya lalui sampai 66 hari, lalu akan saya naikkan jaraknya (rubah rute) tapi wajib durasinya sama yaitu 20 menit.

Konsistensi adalah perihal yang tidak mudah, apalagi kalau orde waktunya adalah setiap hari. Baca juga: Konsisten adalah Prestasi

Dengan menulis ini, saya seperti membuat kontrak batin dengan diri saya sendiri, dan saya akan cek dan mention lagi postingan ini nanti kalau bersepeda saya sudah 66 hari.

Salam gowes!

0 Response to "Konsisten Bersepeda"

Posting Komentar