My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

66 Hari Untuk Membuat Kebiasaan

Pernah denger teori 66 days to form a habit? silahkan Googling sendiri ya, banyak sekali kok yang bahas soal ini. Dan ternyata teori ini bener banget, ngena di saya.

2 hari lalu saya ke-skip bikin nulis blog, padahal 137 hari saya bikin postingan blog 1 hari 1, 137 days in a row! 2x lipat dari 66 hari. Itu terjadi karena saya ngantuk sekali, mengakibatkan saya tertidur setelah habis sholat Isya.

Tapi tidur saya di hari itu tidak lah nyenyak, betul betul kepikiran hari itu saya belum nulis postingan blog ini. Bahkan sampai 2 hari dari hari itu saya masih kepikiran, ni buktinya saya sampai nulis blog ini.

Sebenernya saya memulai program 1 post per hari sejak Desember 2019 lalu, itu artinya kurang lebih 6 bulan atau 180 hari yang lalu, dan di awal awal sempat bolong beberapa kali. Streaks terpanjang dan belum putus ya kemarin itu, sampai 137 hari. Jujur saja saya cukup bangga juga dengan diri saya karena berhasil konsisten, dan cukup menyesal kenapa 2 hari lalu ga berhasil nulis blog.

Baca juga:
https://www.garoblogz.com/2020/01/konsisten-nulis-blog.html
https://www.garoblogz.com/2020/03/5-tahun-main-adsense.html

Apa sih untungnya buat saya nulis blog setiap hari 1? yang paling terasa adalah mengasah diri untuk meningkatkan kreativitas, bayangin tiap hari harus menelurkan 1 tulisan. Ini ga mudah serius.

Menentukan judul dan memulai nulis hal yang berbeda setiap hari tidak lah mudah, apalagi menulis dengan penuh kualitas dan baik SEO nya, ini super sulit sekali. Tapi daripada tidak mencoba sama sekali? masa sih jika saya berhasil konsisten 1 post per hari dalam 5 tahun, masa tidak ada konten yang viral dan berguna untuk netizen? rasanya tidak mungkin.

Rencana saya kualitas menulis saya per artikel akan saya tingkatkan di akhir taun ini, dengan menulis lebih banyak kata, lebih dalam analisisnya, dan dengan riset keyword. Kita lihat saja nanti hasilnya, artikel ini juga termasuk catatan pribadi saya untuk "benchmarking" diri saya dari waktu ke waktu.

Oya penting sekali bikin blog dengan pemikiran sendiri, karena Google itu suka sekali konten yang UNIK bukan plagiat, bukan permainan kata, dan bukan re-writing dengan kata kata sendiri. Ini pengalaman saya, memang canggih banget crawler/robot nya Google itu, saya pernah dulu sekali mencoba buat blog/web sampah yang isinya hanya paraphrasing/re-writing dengan kata kata sendiri, hasilnya apa 0 besar! Jauh lebih baik blog pribadi saya ini yang nulis dengan hati, nulis dengan mengalir.

Jadi balik lagi ke judul, apakah benar teori 66 hari itu membentuk kebiasaan? saya jawab ABSOLUTELY YES!

Silahkan selamat mencoba

1 komentar:

  1. Saya beruntung bisa "nyasar" ke blog akang, gara2 tiap hari dropsip, sampai Nemu toko bajuyuli, dan penasaran siapa yang punya, eh akhirnya saya sampai kesini. Sudah saya duga pasti ada ilmu baru yg bakal saya dapat.

    BalasHapus