My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Bersepeda atau Jogging?

Pada dasarnya saya itu hobi olahraga, apalagi olahraga permainan seperti futsal, sepak bola, pingpong, badminton, dan lain sebagainya. Karena makin ke sini saya semakin sibuk dan semakin tidak punya komunitas, setidaknya 2 tahun ke belakang saya sudah beralih ke olahraga mandiri seperti jogging dan bersepeda.

Karena mungkin saya kurang "senang" dalam jogging dan bersepeda, saya merasa lebih capek dan lebih berkeringat kalau futsal atau badminton. Mungkin kalori yang dibakar pun lebih banyak ketika saya futsal deh.
Bersepeda menggunakan Xiaomi Amazfit Bip
Bersepeda menggunakan Xiaomi Amazfit Bip

Lari Pagi Menggunakan Xiaomi Amazfit Bip
Lari Pagi Menggunakan Xiaomi Amazfit Bip

Selama 2 taun ini juga, saya record kegiatan bersepeda dan jogging saya menggunakan Amazfit Bip Xiaomi. Menghasilkan ±800km bersepeda dan ±150km jogging, dengan intensitas hanya minimal 2 minggu sekali saya berolahraga tersebut. Angka tersebut kecil banget dibanding teman saya yang update di sosmed, ada yang gowes sampai puluhan kilo, jogging 5 kilo lebih, dst. Padahal kalau saya paling jauh juga gowes 10km, dan lari pagi paling cuma 2km.

Bersepeda atau lari pagi jogging?


Saya lebih menikmati bersepeda, karena asik aja gitu, apalagi kalau udah turunan, hehe. Kalau lari pagi itu rasanya berat sekali buat saya. Dan sepengelaman saya, rasa capek yang dihasilkan oleh bersepeda dibanding dengan lari pagi adalah 1 banding 5. Artinya jika saya bersepeda sejauh 10km, artinya sama saja saya lari pagi dengan 2km. Tapi anehnya kalau sepedaan saya tidak merasa pegal setelahnya, kalau jogging seringkali saya pegal pegal.

Karena bersepeda dengan tengag yang lebih sedikit menghasilkan jarak yang lebih jauh, saya sering menyematkan kegiatan lain saat bersepeda, misal pergi ke ATM, pergi ke minimarket, beli sarapan yang enak, dst.

Jadi balik lagi ke pertanyaan, buat saya, saya lebih suka bersepeda ketimbang lari pagi.

yang penting konsisten

Ini yang berat, mau sesuka apa anda bersepeda atau berlari pagi, kalau konsisten percuma. Mau sejauh apa anda bersepda tapi kalau dilakukan tidak konsisten juga menurut saya percuma saja. Baiknya itu minimal seminggu sekali, bisa sabtu pagi atau minggu pagi.

Bahkan saya pernah menemukan, ada orang yang jual sepeda mahalnya (10jt lebih) padahal baru dipake 1 bulan! itu artinya dia ga bisa konsisten bersepeda, padahal sepedanya mahal. Makannya saran saya kalau membeli perlengkapan sepeda atau lari pagi, bagi yang newbie, lebih baik yang standar standar saja. Seperti sepeda saya United Rockford, harganya standar-standar aja, dan cocok di segala medan, jadi jika saya tidak bisa konsisten bersepeda pun, saya tidak terlalu menyesal. hehe

Pakai smartwatch

Di awal saya sudah singgung dikit kalau saya record kegiatan bersepda dan lari pagi saya menggunakan Xiaomi Amazfit Bip. Saya beli 2 tahun lalu seharga 800rb-an, dan masih awet sampai sekarang, padahal saya pakai mandi, berenang, tidur, dan lain sebagainya. Jadi saya cukup puas lah dengan performa device ini.

Buat saya penting sekali untuk merecord kegiatan olahrga kita ini, karena kita jadi tau sudah sebaik apa kita dari waktu ke waktu, dan sudah seburuk apa kita dari waktu ke waktu. Bahkan bisa kita analisis lebih lanjut, paling pas kita tuh berolahraga sepeda atau lari pagi hari apa dan jam berapa. Karena secara tidak sadar, perilaku kita pasti membuat pola tertentu.

0 Response to "Bersepeda atau Jogging?"

Posting Komentar