My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Jauhi Social Media

Saya sudah nulis berbagai artikel soal bagaimana cara saya berusaha menguasi informasi, bisa dibaca di sini:

https://www.garoblogz.com/2020/01/diet-informasi.html
https://www.garoblogz.com/2020/02/berhenti-nonton-tv.html
https://www.garoblogz.com/2020/03/tidak-pernah-baca-berita.html

Seberapa penting sih social media? seberapa penting sih buka Facebook? seberapa penting suh buka IG? mungkin aja menjawab penting.

Pertanyaan selanjutnya...

Seberapa sering anda buka Facebook? Seberapa sering anda buka Instagram? pasti sering banget kan! Saya setiap ambil HP, seakan akan sudah otomatis buka 2 apps tersebut. Sempat saya uninstall, eh ternyata butuh code generator FB kalau mau login FB di PC, terpaksa FB saya install lagi. keterlaluan dah FB

Di buku yang baru saja saya baca, ada tulisan "Unplug!", unplug yourself. wah keren juga pikir saya kata katanya. Kita terlalu plug dengan gadget kita, terlalu lekat, sudah sepatutnya sekarang sering sering unplug. Supaya lebih produktif.

Unplug yourself
Unplug yourself

Buka sosial media itu memang candu, dan kita terlalu naif menganggap bahwa candu ini negatif. kenapa hal ini negatif:
  • Menganggap buka sosmed adalah sarana refreshing, padahal membuat otak dipacu lagi untuk berpikir
  • Hanya buang buang waktu, apalagi sekarang ada Facebook watch, kadang saya nyangkut nontonin video sepak bola ber-menit menit, padahal ada beberapa yang sudah pernah saya tonton!
  • Rawan penyakit hati karena melihat status update teman yang tidak sreg di hati kita
Bayangkan 3 hal itu kita lakukan tiap hari, saya pribadi sekurang kurangnya menghabiskan waktu 30 menit sehari untuk buka sosmed. itu artinya dalam seminggu saya sudah hambur waktu 210 menit, hampir 4 jam! kalau saja 4 jam itu bisa saya ganti dengan bermain bersama anak, tentu ini lebih berarti dan menyenangkan.

Di buku yang saya baca itu solusinya kita disiplin untuk tidak menggunakan HP (membuka sosmed) di bawah jam 7:30 pagi dan di atas jam 10 malam. Menurut saya ini solusi bagus juga. Karena kalau praktis saya sarankan untuk tidak membuka sosmed sama sekali, saya pun blm bisa mempraktekkannya. hehe.

Yuk kita diet informasi, lebih bijak lagi untuk menggunakan HP dan menggunakan waktu.

0 Response to "Jauhi Social Media"

Posting Komentar