My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Matikan Notifikasi WA dan Gmail

Makin ke sini alhamdulillah saya merasa lebih produktif dengan lebih menyaring informasi yang saya konsumsi, lebih menyaring apa yang harus saya lakukan dengan gadget saya, dan lebih bijak terhadap penggunaan internet.

Ini adalah artikel lanjutan dari:
https://www.garoblogz.com/2020/01/diet-informasi.html
https://www.garoblogz.com/2020/02/berhenti-nonton-tv.html
https://www.garoblogz.com/2020/03/tidak-pernah-baca-berita.html

kalau temen2 sadar itu pada link di atas ada kodifikasi tahun dan bulan, ternyata saya membuat blog post terkait hal ini sebulan sekali. hehe.. ini menunjukkan seberapa pentignya konten ini menurut saya.

Sudah seminggu saya mematikan notifikasi WA dan GMail. hasilnya??? LEBIH PRODUKTIF! kenapa?

mematikan notifikasi WA
mematikan notifikasi WA


Tidak sedikit sedikit buka handphone

WA saya itu banyak sekali grup nya, dari yang emang penting, sama yang emang ga penting.. Semua grup tersebut saya MUTE! kenapa ga keluar aja? sayang banget kalau keluar, jaga jaga suatu saat butuh informasi penting dari grup tersebut. Sebagai contoh saya masih di dalam grup komunitas E-Commerce, padahal udah 2 tahun lebih saya ga kopdar.. Nama2 anggotanya juga lupa. hehe.. Tapi kadang saya dapat informasi penting dari sana. Apakah dicek setiap chat? oh tidak! jika saya kepingin aja butuh inspirasi tentang E-Commerce A, saya buka grup nya, skimming, dan cari2 link yang mungkin penting.

Pada dasarnya meski sudah di mute, grup WA tetep akan memuncul notifikasi di HP kita (muncul dari swipe atas ke bawah). Jadi dulu saya suka swipe swipe, pencet WA, ehh grup ga penting, keluar lagi.. Sehari ini mungkin terjadi puluhan kali! bayangkan waktu saya yang mubazir gara gara melakukan itu.

Sekarang semua Chat WA tidak muncul di notifikasi HP saya, dan saya jauh merasa lebih tentram. Tidak risau cek notifikasi HP

Slow respon? tidak juga

ah ga juga tuh.. mungkin anda khawatir kalau notifikasi dimatikan anda jadi tidak bisa balas dengan cepat? jujur deh ama diri sendiri, ada tidak adanya notifikasi anda akan ngecek HP anda tiap 15 menit sekali kan? atau kalau lg sibuk banget, sejam 1x?

Nah itu, ya memang jadi slow respon, kalau yang anda maksud fast respon adalah segera membalas dalam 1 detik!

Tapi tiap orang punya "allowable" slow respon yang beda beda. Kalau saya pribadi sih, kalau kurang dari setengah jam baru balas, itu masih saya anggap dengan fast respon.

Dan faktanya, setelah saya mencoba seminggu matikan seluruh notifikasi WA dan GMail, rata rata saya membalas ±15 menit dari pesan diterima, apalagi khususnya soal kerjaan.

jadi apakah ini slow respon?

mematikan notifikasi Gmail
mematikan notifikasi Gmail

Memilih waktu yang tepat cek semua pesan

karena sudah tidak ngecek ngecek notifikasi, maka perlu dikhususkan waktu untuk ngecek WA tau Gmail. Tiap orang beda beda. Kalau saya karena sehari hari kerja depan komputer, dan layar komputer saya ada dua, jadi WA selalu terbuka di komputer. Jadi saya tau kapan ada pesan tentang kerjaan yang masuk. Dan tetep notfikasi saya matikan.

Kalau anda yang tidak kerja depan komputer, saran saya cobain sejam sekali saja cek WA. cek email cukup 3 jam sekali.

==

Serius, silahkan anda coba, Insya Allah jadi lebih produktif.. yang sudah saya alami menerapkan tips ini adalah:

  • saya jadi lebih khusyuk ibadah
  • lebih khusyuk main sama anak
  • kerjaan jadi lebih cepat selesai
  • tidak risau uring uringan
  • lebih fokus mengembangkan diri
  • baca buku lebih cepat
  • dann masih banyak lagi...



0 Response to "Matikan Notifikasi WA dan Gmail"

Posting Komentar