My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Beberapa hari yang lalu saya dan istri diskusi soal pengeluaran rumah tangga. Kami membahas produk produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods = produk produk rumah tangga), beberapa bulan ke belakang istri saya sudah melakukan optimasi pembelian produk2 tersebut ke yang lebih murah. Dan selama ini saya tidak pernah komplain tuh dengan kualitasnya.

Ternyata selidik punya selidik, untuk mendapatkan produk yang lebih murah itu brand nya adalah Wings ketimbang Unilever. Perbedaan harga nya sebenernya tidak terlalu signifikan ya, paling juga seribu duaribu perak doang. Tapi kalau kualitas nya sama aja (setidaknya buat kami), kenapa pilih yang lebih mahal?

Jujur aja saya ga nemuin perbedaan kualitas produk produk Unilever terhadap Wings, begitu juga sebaliknya. Saya tidak tau kelebihan Unilever, tidak tau juga kelebihan Wings. Pake mah ya pake aja. hehe.

Di sini saya akan mensimulasikan penghematan jika kita pindah ke Wings hanya terhadap 4 tipe produk aja, yaitu sabun mandi, pasta gigi, deterjen, sabun cuci piring. Harga perbandingannya saya ambil dari toko mereka di Shopee yang official.



Perbandingan Lifebuoy vs Nuvo
Perbandingan Lifebuoy vs Nuvo

Perbandingan Pepsodent vs Ciptadent
Perbandingan Pepsodent vs Ciptadent

Perbandingan Rino vs Daia
Perbandingan Rinso vs Daia

Perbandingan Sunlight vs Ekonomi
Perbandingan Sunlight vs Ekonomi


Bisa dilihat di atas perbedaan harganya tidak terlalu signifikan kan? berikut ini hasil hitungan simulasi saya:

Perhitungan penghematan pengeluaran biaya rumah tangga bulanan
Perhitungan penghematan pengeluaran biaya rumah tangga bulanan

Perhitungan di atas adalah perhitungan sesuai dengan keluarga saya yang terdiri dari 3 orang dewasa, dan 2 anak kecil ya. jadi dalam sebulan saya HANYA menghemat 25.500 rupiah saja terhadap 4 kategori produk tersebut, jika saya pindah penuh ke produk produk Wings. Jika setaun saya bisa menghemat ±300rb rupiah.

Angkanya tidak besar memang. Tapi itu baru dari 4 produk, masih banyak yang lain yang belum dimasukkan. Dan lagian, jika kualitasnya memang sama, lalau kenapa kita tidak mau pilih yang lebih murah?

Jika anda punya preferensi  khusus kenapa pilih Unilever atau kenapa pilih Wings kasih tau sy di kolom komentar di bawah ya. Atau ada yang tau apa perbedaan kualitas dari produk produk tersebut?

0 Response to "Tips Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga"

Posting Komentar