My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa Kabar Upnormal?




Apa kabarnya Upnormal? beberapa tahun lalu rasanya hampir semua orang membicarakan Upnormal? sekarang? sunyi senyap...

Kabarnya kan sahamnya udah dibeli oleh Indofood, goodjob buat founder2 Upnormal. keren. sepertinya mereka tau bahwa mereka akan ter-distrupt dalam waktu dekat.

Pembacaan saya, Upnormal sekarang sudah ter-distrupt oleh pesaing pesaingnya. Bukan peasing yang sama besar, tapi pesaing kecil kecil yang jumlahnya banyak.

Dulu pilihan nyaman dan agak murah untuk nongkrong, kerja, atau nge-cafe. hanya Upnormal.

Sekarang? cafe cafe kecil lebih bertebaran.

Dengan kualitas yang sangat mungkin jauh lebih baik dari Upnormal, dan harga yang jauh lebih murah dari Upnormal.

Itulah distruption, petahan dilibas habis oleh pesaing yang menawarkan jasa dan produk yang sama dengan lebih murah dan lebih baik.

Ini tertulis jelas di bukunya Prof. Rhenald Kasali, bisa baca di sini: https://www.garoblogz.com/2020/03/review-buku-disruption-rhenald-kasali.html

Menurut buku itu, pada dasarnya semua bisnis akan mengalami ini. Akan mengalami distruption.

Pertanyaannya, mau di-distrupt oleh pesaing atau oleh diri sendiri? Prof Rhenald jelas bilang, kalau mau bertahan di dunia bisnis, kita harus bisa men-distrupt diri kita sendiri. Gimana caranya?

inovasi terus menerus! jangan pernah puas dengan apa yang kita dapat sekarang, apalagi kalau kondisi lagi bagus. Hati hati tuh, karena tinggal tunggu waktu turun. Tanpa inovasi, penurunan penjualan akan drastis.

Invest yang tepat! inovasi wajib, investasi juga wajib. Tapi invest ke yang tepat. ke mana? bisa SDM, bisnis baru, teknologi...

Balik ke kasus Upnormal, sebenernya saya langganan Upnormal Cimahi, karena sangat dekat dengan rumah saya. Tapi duhhhh... menu nya itu itu aja, pelayanannya ga ramah, harga juga mahal. Makannya ketika ada cafe kecil baru buka dekat rumah saya, saya langsung pindah ke sana.

Saya menduga, paling lama 5 tahun lagi sebelum Upnormal menyatakan bangkrut dan tutup total. we'll see on 2026 ya... sampai jumpa di 2026.

Update pantauan lapangan saya di Januari 2023

Saya tinggal di Cimahi, ada 4 Upnormal yang masih buka yang saya lihat:
Jl Sangkuriang Dago, Jl Riau (ada 2), dan Jalan Cihampelas.

Yang Sangkuriang Dago, beberapa bulan lalu saya ke sana, masih rame.. mantap..

yang di Jl Riau, yang deket Karnivor, beberapa bulan lalu saya ke sana, SEPI! dan menu favorit saya V60, udah gak disajikan disitu. mungkin penghematan supaya gak perlu memperkerjakan barista?

yang di Jl Riau 1 lagi, yang dekat Taman Pramuka, saya gak pernah ke sana sih. Tp sy dengar beberapa kali adik ipar saya suka nongkrong di sana. berarti mungkin masih rame...

yang di Jl. Cihampelas, gak pernah ke situ lagi, cuma lewat aja, keliatannya sih sepi...

Oh ya, dulu pesen di Upnormal dipaksa untuk pasang app nya mereka.. sekarang udah ngga! wajar sih, kalau penjualan turun, ya hal hal yang membuat orang "males" emang harus di-cut!

Bagaimana nasib Upnormal tahun2 berikutnya? bagaimana pendapat anda? share dong di kolom komentar...

6 komentar:

  1. Sangat disayangkan, Up Normal brand lokal Indonesia yg memiliki visi Go International spt KFC, Mc D akhirnya harus layu sblm berkembang
    layu sebelum berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang, kan di belakangnya ada Indofood.. perusahaan Go International juga

      Hapus
  2. Belum 2026 sudah banyak yg gulung tikar, hampir setiap daerah sudah tutup permanen. Termasuk didaerah sy, padahal tempatnya besar banget dan sempet rame waktu awal buka.

    BalasHapus
  3. Belum 2026 sudah banyak yg gulung tikar, hampir setiap daerah sudah tutup permanen. Termasuk didaerah sy, padahal tempatnya besar banget dan sempet rame waktu awal buka.

    BalasHapus