My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apa Kabar Upnormal?

Apa kabarnya Upnormal? beberapa tahun lalu rasanya hampir semua orang membicarakan Upnormal? sekarang? sunyi senyap...

Kabarnya kan sahamnya udah dibeli oleh Indofood, goodjob buat founder2 Upnormal. keren. sepertinya mereka tau bahwa mereka akan ter-distrupt dalam waktu dekat.

Pembacaan saya, Upnormal sekarang sudah ter-distrupt oleh pesaing pesaingnya. Bukan peasing yang sama besar, tapi pesaing kecil kecil yang jumlahnya banyak.

Dulu pilihan nyaman dan agak murah untuk nongkrong, kerja, atau nge-cafe. hanya Upnormal.

Sekarang? cafe cafe kecil lebih bertebaran.

Dengan kualitas yang sangat mungkin jauh lebih baik dari Upnormal, dan harga yang jauh lebih murah dari Upnormal.

Itulah distruption, petahan dilibas habis oleh pesaing yang menawarkan jasa dan produk yang sama dengan lebih murah dan lebih baik.

Ini tertulis jelas di bukunya Prof. Rhenald Kasali, bisa baca di sini: https://www.garoblogz.com/2020/03/review-buku-disruption-rhenald-kasali.html

Menurut buku itu, pada dasarnya semua bisnis akan mengalami ini. Akan mengalami distruption.

Pertanyaannya, mau di-distrupt oleh pesaing atau oleh diri sendiri? Prof Rhenald jelas bilang, kalau mau bertahan di dunia bisnis, kita harus bisa men-distrupt diri kita sendiri. Gimana caranya?

inovasi terus menerus! jangan pernah puas dengan apa yang kita dapat sekarang, apalagi kalau kondisi lagi bagus. Hati hati tuh, karena tinggal tunggu waktu turun. Tanpa inovasi, penurunan penjualan akan drastis.

Invest yang tepat! inovasi wajib, investasi juga wajib. Tapi invest ke yang tepat. ke mana? bisa SDM, bisnis baru, teknologi...

Balik ke kasus Upnormal, sebenernya saya langganan Upnormal Cimahi, karena sangat dekat dengan rumah saya. Tapi duhhhh... menu nya itu itu aja, pelayanannya ga ramah, harga juga mahal. Makannya ketika ada cafe kecil baru buka dekat rumah saya, saya langsung pindah ke sana.

Saya menduga, paling lama 5 tahun lagi sebelum Upnormal menyatakan bangkrut dan tutup total. we'll see on 2026 ya... sampai jumpa di 2026.

4 komentar:

  1. Sangat disayangkan, Up Normal brand lokal Indonesia yg memiliki visi Go International spt KFC, Mc D akhirnya harus layu sblm berkembang
    layu sebelum berkembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang, kan di belakangnya ada Indofood.. perusahaan Go International juga

      Hapus