My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Memulai bisnis Berjualan Pakaian

5 tahun sudah saya bisnis baju B2C, alias business to customer, alias kami mengerjakan seluruh proses bisnis dari hulu ke hilir. Dari produksi, hingga penjualan.

Saya pernah disarankan oleh seseorang, katanya jangan hanya mengandalkan pemasukan dari 1 channel bisnis. Kalau B2C udah ngasih duit, cari peluang lain dari sisi B2B. Alias business to business..

hmmm... jujur sampai skg saya masih belum 100% sepakat dengan ini.

Soalnya saya pribadi memang ada pengalaman buruk jadi korban B2B, termakan omongan supplier yang katanya gampang menjual produk, eh hasilnya malah ga laku, dan saya merugi. supplier? tetep untung.. ya begitulah memang kalau B2B.

Saya sendiri memang lebih suka B2C. karena supplier senang, customer senang. Kalau B2B, supplier senang, customer (belum tentu senang).

Balik lagi ke soal pakaian atau baju. Sejujurnya saya ga begitu ngerti detil soal produksi baju. Tapi kalau secara umum proses produksi itu seperti ini.

Fase R&D: design --> purchase bahan --> sampling --> pricing --> loop

Fase mass production: R&D sudah OK --> pruchase bahan atau raw material --> pemotongan kain --> jahit --> packing --> store @warehouse.

biasanya, pebisnis pemula langsung pusing soal fase mass prdoduction, padahal, kalau permintaan belum besar, mass production ga perlu gede gede amat. Produksi saya sekarang sekitar 2000 pcs baju per minggu, kalau anda baru baru, 12 pcs per minggu jg udah ok banget.

jadi ga boleh risau.

Yang perlu ada pikirkan adalah fase R&D...

Nah buat anda yang baru mau mulai bisnis pakaian. entah baju kek, entah gamis kek, entah celana, pokoknya yang jahit menjahit... saya ada solusinya...

Saya menyediakan jasa produksi dan jasa konsultasi sekaligus!

Khususnya anda yang dekat dengan Kebon Kopi - Cimahi, konveksi saya berada di sana. Siap sekali menerima jahitan kaos, wangki, kemeja, jaket, celana, gamis, hijab, jilbab dan lain sebagainya. harga kompetitif..

konveksi di Kebon Kopi Cimahi
konveksi di Kebon Kopi Cimahi

jasa jahit konveksi Cimahi
jasa jahit konveksi Cimahi

jasa jahit kaos gamis jilbab Kebon Kopi Cimahi
jasa jahit kaos gamis jilbab Kebon Kopi Cimahi

tukang jahit Kebon Kopi Cimahi
tukang jahit Kebon Kopi Cimahi

konveksi jahit kaos jilbab di Kebon Kopi Cimahi
konveksi jahit kaos jilbab di Kebon Kopi Cimahi



PLUS!

kalau anda baru mulai usaha, Insya Allah akan saya kasih "wejangan2" gratis dalam memulai bisnis pakaian. Apalagi kalau dijualnya online, mudah2an pengalaman saya jualan online selama 10 tahun bisa membantu.

yang berminat, bisa langsung hubungi saya di sini ya..

0 Response to "Tips Memulai bisnis Berjualan Pakaian"

Posting Komentar