My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Pak Buntoro Founder MAK

Secara personal, saya tidak begitu dekat dengan beliau, tapi kamu 1 komunitas, yaitu weekly mentoring yang diadakan oleh Pak Budi Rahardjo. Pa Buntoro sering ikut, dan saya suka nanya ke beliau. Luar biasa, dapet kesempatan nanya langsung ke orang hebat.

Tapi sayangnya, kehebatan pak Buntoro ini rasanya kurang ter-expose. Saya pernah Googling, siapa sih pak Buntoro ini. Lumayan susah Googling nya, harus ada embel embel MAK (Mega Andalan Kalasan) di belakangnya... Saya ga tau kenapa, padahal kisah pak Buntoro ini sampai dijadikan buku, dengan judul: Never Ending Journey - Kisah perjalanan seorang entrepreneur, yang ditulis oleh wartawan majalah SWA: Teguh Sri Prambudi.

Sebagai rasa terima kasih saya ke Pak Buntoro yang udah ngasih ilmu yang super, saya mau mencoba menaikkan exposure profil pak Buntoro di jagat online.

Nama: Buntoro **saya ga tau nama lengkapnya
Alumni: Trisakti - Jurusan Elektro **mungkin angkatan 80an
Kelahiran: Purbalingga
Tahun Lahir: Unknown
Afiliasi: PT MAK (founder) https://www.mak-techno.com/id/

seiring waktu saya mau tanya tanya profil beliau di atas, tapi kalau bahasan di weekly mentoring ga ada yang lebih penting yaaa. he he.. Karena informasi dari beliau ini sangat berharga, waktu sangat sempit, (hanya 2 jam seminggu), sayang banget kalau nanya hal hal yang remeh.

PT MAK ini keren sekali kawan... Mereka memproduksi alat kesehatan, dan dirintis dari 0! dari bengkel! bukan industri yang tiba tiba ada gara2 pemodal besar. Tapi dari bengkel sederhana di Kalasan - Sleman Jogja.

Keren banget lah pokoknya. Baca di sini untuk ringkasannya: https://www.mak-techno.com/id/tentang-kami/sejarah.html

Saya baru saja selesai membaca buku tentang pak Buntoro ini. Luar biasa. Pak Buntoro ini mengalami setidaknya 4 badai krisis dalam keberjalanan bisnisnya.

1. ketika bisnis bumper mobil, tiba2 pabrik rekanan produsen mobil langsung memproduksi bumper yang built-in
2. krisis 98
3. krisis 2008
4. krisis covid-19 2020

perusahaannya makin besar. di buku tertulis karyawannya sekitar 290 orang! WAW! dan itu tahun 2003! sekarang tahun 2021, berapa karyawan beliau? ga tau.. apakah beliau masih jadi CEO PT MAK? ga tau jg.. nanti saya tanya ah...

buku never ending journey
buku never ending journey



Beberapa poin penting dari buku Never Ending Journey - Kisah perjalanan seorang entrepreneur:

  • unusual condition needs unusual action
  • prepare yourself for the best chance
  • .... ia mulai menerapkan satu sistem yang tampak sederhana tapi memerlukan keteguhan dan konsistensi dalam pelaksanaannya: berpikir sebelum bekerja
  • banyak industri membesar, tapi karyawan tidak makin sejahtera
  • apakah perusahaan mampu mengakomodasi kebutuhan karyawan yang semakin meningkat kalau tidak diiringi produktivitas yang semakin meningkat?
  • upah karyawan maksimum harus 8%?
  • bahwa sesungguhnya, menjadi kaya adalah hak setiap karyawan


0 Response to "Pak Buntoro Founder MAK"

Posting Komentar