My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Ads Adalah Monetizing Terendah di Digital Marketing

Saya udah berkecimpung di dunia jualan online kurang lebih 10 tahun, atau bahas kerennya Digital Marketing.. Berikut beberapa cerita saya tentang suka duka digital marketing:

Monetizing adalah bagaimana kita menghasilkan uang dari pageview platform online kita, bisa website, Youtube, Social Media, dan lain sebagainya.

Google Adsense
Google Adsense



Setelah 10 tahun ini saya bisa menyimpulkan urutan monetizing terbaik berikut ini, diurutkan dari yang terendah:

  1. Iklan / Adsense
  2. Endorse
  3. Jualan Produk/Jasa

Kenapa iklan / adsense terendah? logikanya gini, yang ngiklan di website atau channel Youtube anda pasti jualan produk atau jasa kan? Tarolah orang yang ngiklan itu bayar 1000 rupiah/klik ke Google, dan anda tentu dapat kurang dari itu. Apa mungkin si orang/perusahaan itu dapet profit yang lebih rendah dari 1000 rupiah tiap klik? ga mungkin, rugi dong kalau lebih rendah dari itu

Pasti perusahaan/orang tersebut udah ngitung ngitung biaya marketing mereka, sehingga bisa megnhasilkan profit buat mereka. 1000 rupiah bagi Google di contoh di atas adalah omset, sedangkan bagi yang ngiklan itu adalah cost. Jadi wajar banget uang yang mereka hasilkan pasti jauh dari itu.

Yang kedua adalah endorse.. Saya taro ini yang kedua karena alasan yang sama dengan paragraf pertama, karena ga mungkin suatu brand mau ngendorse kalau ternyata hasil yang didapatkan ga "nutup". Dan ga mungkin juga nerima job endorse lebih rendah dari iklan adsense, karena kalau iya, ngapain cape2 bikin konten endorse? kan konten endorse "mengganggu" subscriber kita. Mending bikin konten original aja suapaya dapet duit adsense lebih banyak. Dapet kan ya logikanya?

Terakhir yang terbesar ya tentu jualan produk / jasa, atau dengan kata lain advertiser. Di sini lah uang berputar paling banyak. Ya buktinya mereka berani ngiklan kan?

Contoh realnya seperti ini..

Views Youtube saya total saat ini adalah 6.2jt views dalam 2 tahun, itu menghasilkan penghasilan buat saya kurang lebih 50jt...
Sedangkan views website online shop saya (Bajuyuli), total sampai saat ini adalah 3.7jt views dalam 5 tahun, ini menghasilkan penghasilan buat bisnis saya sebesar 30 M !

silahkan hitung perbandingannya sendiri, jauh banget kan!

cuman masalahnya, mendatangkan pageview itu ga segampang yang dikira...

Beda jenis website atau platform beda juga pendekatannya. Jelas orang lebih seneng nonton video Youtube "retceh" ketimbang "nyasar" ke website online shop. Jadi usaha untuk mendatangkan 1 view ke Youtube itu tidak sama dengan mendatangkan 1 view ke web online shop. Kurang lebih seperti itu..


0 Response to "Ads Adalah Monetizing Terendah di Digital Marketing"

Posting Komentar