My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mematikan Iklan

Tadi malam baru saja saya coba baca lagi tulisan tulisan saya di blog ini, wah ternyata saya ga nyaman baca blog sendiri. Karena banyak iklannya! jadi per artikel ini di tulis, iklan Adsense di blog saya ini saya matikan dulu sampai waktu yang belum ditentukan.

Wah sayang dong? iya sih, tapi pendapatannya kecil banget! dalam 5 tahun blog ini berdiri, hanya menghasilkan 18 dolar, berarti setaun hanya 4 dolar, kecil banget kan?

pendapatan adsense dari blog
pendapatan adsense dari blog


Awalnya saya buat blog memang ter-iming-imingi mimpi dapet passive income dari iklan Google Adsense, tapi semenjak akhir taun 2019 saya berniat juga untuk melatih kreativitas dalam nulis melalui blog ini. Jadi yang saya lakukan adalah berusaha untuk nulis blog ini sehari satu sejak Desember 2019, hasilnya saya hanya bolong 10-hari! saya jadi kagum sama diri sendiri (sombong) hehe

Ternyata benefit yang saya dapat dalam menulis jauh lebih besar melatih kreativitas dibandingkan pendapatan iklan Google Adsense. Jadi daripada para pembaca blog ini merasa tidak nyaman baca (termasuk saya), lebih baik saya matikan saja deh iklannya.

Ini bukan berarti mimpi saya untuk bisa dapat penghasilan dari Google Adsense terhenti, saya punya beberapa website lain yang hasilnya lebih baik daripada blog pribadi ini. Dan yang paling besar saat ini, saya dapat penghasilan dari Youtube Channel yang saya bangun dari tahun 2018. Lumayan bisa ngehasilin sekitar 3jt-an per bulan dari Channel Youtube tersebut. Ini channelnya: Tutorial Milenial

Balik lagi ke soal kreativitas, ini berasa banget peningkatan yang saya alami. Ga setiap hari kepikiran judul untuk nulis apa, kadang saya nulis hanya apa yang ada aja di otak saya ini, tanpa memikirkan keyword tanpa memikirkan SEO dan lain sebagainya. Dan yang paling susah adalah komitmen untuk konsisten. Setiap 1 post, saya sudah hitung kira kira membutuhkan waktu setengah jam untuk ditulis, dan ini dilakukan tiap hari... Kadang saya merasa jenuh sekali, sibuk sekali, cape, sakit, lesu, tapi harus saya lakukan. Dan dari ke-10 hari yang saya lewatkan tidak nulis blog adalah sebagian besar dikarenakan saya sakit atau super lelah. Saya selalu berusaha untuk menulis blog ini setiap hari, mau pagi pagi, siang, atau tengah malam sekalipun.

Selain soal kreativitas, menulis blog juga ampuh banget untuk menyimpan catatan pribadi. Malam tadi ketika saya baca ulang blog saya, karena saya teringat ada materi di blog saya yang penting dan saya butuhkan. Jadinya saya bisa baca lagi kan? dan me-refresh ilmu tersebut, lalu dipraktekkan deh.

Harapan muluk muluk saya sebenernya ingin blog saya ini dibukukan, rasanya keren aja sebuah blog disadur jadi buku. Ya tapi itu masih perlu waktu yang sangaaaattt panjang. Saya pun masih belum terlalu puas dengan gaya penulisan saya, kadang saya harus membaca ulang kata kata dalam tulisan saya ini supaya mengerti. Apalagi pembaca yang lain coba?

Saya akan tetap terus lanjutkan nulis ini blog ini sampai akhir hayat (Insya Allah), saya jadi penasaran what i've become to be in the next 2 years? 3 years? 4 years? 10 years?

0 Response to "Mematikan Iklan"

Posting Komentar