My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: What The Dog Saw - Malcolm Gladwell

ini buku ke 4 dari Malcolm Gladwell, kekecewaan saya belum terobati. malah tambah parah.

Sebelumnya silahkan baca review saya:
Buku ke-1 Malcolm Gladwell: The Tipping Point
Buku ke-2 Malcolm Gladwell: Blink
Buku ke-3 Malcolm Gladwell: Outliers

kenapa kecewanya tambah parah? masih sama dengan buku sebelumnya, roaming cerita. Ga ngerti cerita yang ada di dalam buku, karena terlalu relate dengan penduduk lokal Amerika.

buku What The Dog Saw - Malcolm Gladwell
buku What The Dog Saw - Malcolm Gladwell

Ga banyak faedah yang bisa saya ambil dari buku ini, hanya 3 poin aja yang saya catat. Dan ga nyambung dengan judulnya sih. tp gpp.

Barang yang laku?

Barang yang paling laku adalah barang yang bisa menjual dirinya sendiri. Tidak perlu menggunakan artis terkenal, pemain bola terkenal, atau yang lainnya. Kalau barangnya emang bagus, orang pasti beli. Simple kan ya?

Nah cuman pertanyaannya, bisa ga menemukan suatu barang yang bagus dan semua orang mau beli? ini yang susah. Lebih mudah membuat barang yang biasa saja, tapi dikemas dengan marketing yang super bagus dan super mahal.

Angka correlation

Kalau anda terbiasa dengan statistik, pasti faham betul fungsi correlation, kalau di Google Sheet atau Microsfot Excel rumusnya adalah --> =correl. Menurut buku ini angka korelasi  di atas 0.7 itu merupakan korelasi kuat, dan bisa memakai linear regression.

IQ vs Performa Kerja

Fakta menarik, bahwa tingginya IQ tidak berkorelasi dengan performa yang baik. Karena nilai yang tidak ditangkap dari IQ adalah keefektifan dalam dunia sehari hari, khususnya kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

Pegawai high educated?

kaget saya, ternyata ga semua perusahaan kelas dunia itu terdiri dari pegawai yang high educated (dicontoh MBA). Dan jumlah banyaknya MBA di perusahaan tersebut tidak berbanding lurus dengan kesuksesan perusahaan. kenapa? mungkin karena lulusan MBA itu adalah new-hiring, sedangkan perusahaan lebih membutuhkan orang lama yang bisa mengoperasikan perusahaan, dan kebanyakan tidak MBA.

0 Response to "Review Buku: What The Dog Saw - Malcolm Gladwell"

Posting Komentar