My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: Outliers - Malcolm Gladwell

Ini buku ke 3 dari Malcolm Gladwell yang saya baca, seluruh buku Malcolm Gladwell yang saya punya ada 5. Ini untuk 2 buku sebelumnya bisa dibaca di sini:
1: Review Buku: The Tipping Point - Malcolm Gladwell
2: Review Buku: Blink - Malcolm Gladwell

Buku ke-3 ini judulnya adalah Outliers, kalau kata temen saya Malcolm Gladwell mengakui bahwa buku ke-2 nya yang berjudul Blink, terlalu awal terbit, seharusnya yang terbit duluan adalah Outliers ini.
buku Outliers - Malcolm Gladwell
buku Outliers - Malcolm Gladwell

Inti dari buku ini adalah menceritakan orang orang hebat dan suskses, dan bagaimana mereka mendapatkan kehebatan tersebut.

Dari kedua buku sebelumnya saya menyimpulkan bahwa saya kurang cocok dengan buku Malcolm Gladwell ini. Karena terlalu banyak cerita, yang cerita tersebut "fit" nya ke orang Amerika, kita orang Indonesia kagak ngarti. Tapi gpp, buku ini masih cukup lumayan bagus. Berikut beberapa point penting yang saya bisa share di sini:

10.000 jam berlatih

jadi ada teori yang proven bahwa jika anda ingin ahli di bidang tertentu, anda harus berlatih sebanyak 10ribu jam! Di buku ini dicontoh tentang band The Beatles, anda tahu kan? katanya The Beatles ini sebelum terkenal sudah pernah manggung 10rb jam lebih! setiap hari mereka manggung. bayangkan betapa bosannya mereka, betapa capeknya mereka menyanyikan lagu yang sama tiap hari. ya kan? Hal ini lah yang membuat mereka hebat, mereka tau bagaimana membuat lagu yang disukai, dan seterusnya.

jadi mau ahli di bidang tertentu? cemplungkan anda dalam latihan sampai 10rb jam. dan cicil setiap hari!

Orang genius: mundur di posisi puncak

Di buku sih diceritakan bahwa orang genius itu memperhitungkan resiko, dan resiko berada di puncak itu menurutnya lebih besar dari pada resiko membuat sesuatu yang baru. bingung ga?

Di buku sih diceritan tentang seseorang bernama Cristoper Langan yang genius, mengikuti kuis nasional di Televisi. Setelah cukup jauh bermain kuis, dia diatawari mengambil hadiah dengan nominal tertentu dan menyudahi kuisnya, atau lanjut bermain kuis. Dia memilih untuk mengambil uang tersebut. Padahal mereka semua tahu bahwa dia jenius, dan kemungkinan besar akan bisa lanjut sampai mendapatkan hadiah paling utama. Tapi apa di pikiran Cristoper Langan? dia memperhitungkan resikonya diri sendiri!

Jadi (mungkin) menurut dia, lebih baik berhenti sekarang dan mendapatkan uang yang banyak. Karena dia bisa mengikuti "kuis" yang lainnya.

Practical Intelligence

Buku ini membahas bahwa IQ bukan 1-1 nya yang membuat orang sukses, ada kecerdasan lain yang menentukan kesuksesan seseorang yaitu Practical Intelligence atau kecerdasan praktis. Kecerdasan praktis adalah:
mengetahui apa yang harus dikatakan kepada orang tertentu, mengerahui kapan mengatakannya, mengetahui bagaimana mengatakannya suapa mendapatkan hasil yang maksimal

orang tua kaya: sering berdiskusi dengan anak

Biasanya orang kaya, anaknya juga kaya. Dan biasanya orang miskin, anaknya juga tetep miskin. Nah yang membedakan adalah sebenarnya pola asuh. Orang kaya itu lebih sering berdiskusi dengan anak tentang hal apapun. Dengan demikian anak jadi terlatih untuk bertanya, berpikir, negosiasi, dan lain sebagainya yang mengasah kecerdasan praktis (practical intelligence) mereka.

Bangun sebelum fajar = kaya

Semua orang sukses tahajud
Semua orang sukses tahajud

"Tidak ada seorang pun yang bangun sebelum fajar selama 360 hari dalam satu tahun yang tidak mampu membuat keluarganya kaya raya"
Jujur saya ga nyangka quotes ini muncul di buku seperti ini (bukan buku keagamaan). Pasti sering denger kan kalau orang sukses itu tahajudnya kuat? ya ini proven dan terbukti. Yu mulai rajin tahajud dari sekarang, ga usah ribet ribet, 2 rakaat + 1 witir aja dulu setiap hari. Jangan mimpi langsung 20 rakaat ya.. bismillah

0 Response to "Review Buku: Outliers - Malcolm Gladwell"

Posting Komentar