My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kenapa harga Windows Mahal?

Dalam ikhtiar untuk tidak pakai Software bajakan, saya jadi tahu kalau harga windows itu mahal..

baru saja saya nge-restart laptop, dan memang gak pakai Windows yang udah dlicensed, jadi pakai trial version. Kayanya udah 4 tahun deh. trus setelah saya reset, kembali ke factory reset, diminta login akun Microsoft.

Eh saya pikir, cobain ah pakai akun Microsoft saya, yang udah subscribe Office 365, seharga ±1.3jt/ tahun. selesai setup2, ternyata subscribe Office 365 tidak membuat Windowsnya licensed. heheh. emang gak nyambung sih. tap ya cobain aja.

Setelah itu saya penasaran. emang gak include Windows ya kalau subscriber Office 365? masih ngeyel, emang gak include. hehe. Setelah itu saya cek harganya, ternyata Windows 10 original itu 4jt! resmi dari Microsoft. Rasanya gak mungkin bayar tahunan, alias pasti one-time-purhcased.

Wowwww mahal amat!

Saya dulu pernah beli laptop untuk kantor, HP Joy 1, harganya 4jt. udah include Windows Ori! bayangkan. berarti harga device laptopnya nyaris 0 kalau dikurangkan dengan harga Windows 10 sekarang. gak masuk akal.

Apakah penjual laptop itu beneran ori atau boong2an? setau saya. kalau beli langsung ke manufacturer, yes beneran ori. alias pakai OEM. alias emang terlisensi langsung ke Microsoft.

Lalu Microsoft jual ke manufacturer (HP, DELL, ASUS) itu harganya berapa? gak mungkin 4 jt dong.. ya gak mungkin. saya gak tau berapa harganya..

Yang jelas harga Windows ini berarti beda beda ya. Kalau manufacturer yang beli berapa, kalau kantor yang beli berapa, kalau students berapa, kalau universities saya yakin juga beda, dan untuk end-user jelas beda. Dan sepertinya paling mahal itu kalau di END-USER.

Apakah Microsoft tau PC / laptop mana saja yang pakai Windows bajakan? saya rasa GAK MUNGKIN mereka gak tau. GAK MUNGKIN. apalagi jaman sekarang semua laptop / PC udah terhubung internet, wah gampang banget untuk ngelacak mana yang ori mana yang tidak. Cuman permasalahannya, kalau ketemu yang pakai non-ori, Microsoft mau ngapain? kalau ternyata perorangan, mau nuntut? mahal di biaya nuntutnya. mau matiin si komputernya sehingga gak aktif? sayang ga dapet data behaviour, dan pasti si user akan crack lagi lagi dan lagi..

Perlu anda sadari, bahwa kalau kita gak aktivasi Windows, kita masih bisa pakai Windows secara 95%. hanya personalize aja yang gak bisa. kenapa Microsoft melakukan ini? karena mereka pengen analisis behaviour usernya.

ya wallahualam

0 Response to "Kenapa harga Windows Mahal?"

Posting Komentar