My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Persiapan Menghadapi Lebaran



Artikel ini cocok banget buat yang jualan online fashion, kalau anda jualan online produk non-fashion, ya baca aja, siapa tau ada manfaatnya. hehe..

Momen lebaran adalah momen tertinggi pejualan saya, dari tahun ke tahun, saya yakin penjual fashion di luar sana juga begitu. Persiapannya gimana?

pertama harus tau dulu apa yang terjadi ketika nanti menjelang lebaran..

Waktu Penting

Sepengalaman saya, 1.5 bulan dari hari lebaran, merupakan awal dari naiknya orderan online. PErlahan naik, sampai 2 minggu sebelum lebaran merupakan yang tertinggi. Seminggu sebelum lebaran, agak turun dikit, mungkin karena pasar udah fokus untuk mudik, fokus ke makanan, bukan pakaian, apalagi beli online.

Kalau toko offline pakaian, justru H-1 lebaran adalah yang tertinggi, rasanya..

Menghadapi itu, marketplace juga dandan, biasanya mereka mulai "dandan" 2 bulan sebelum lebaran, atau lebih awal.

Diskon dari Marketplace

Marketplce suka sekali minta diskon ke seller2nya. Apalagi saat lebaran.. Diskon-nya kadang ga kira2. minta diskon 50%, minta diskon jadi 10rb rupiah, bahkan sampai 100 rupiah. gila kan? tapi sebagai gantinya, toko kita, produk kita dinaikkan oleh mereka. Wajar. Ada take and give di sini..

Cumaaannnn.. Shopee, Tokopedia, Lazada itu gak tau margin kita berapa! mereka (mungkin) asal tembak aja minta diskonnya berapa. Yang tau margin produk kita, ya kita sendiri. hehe.

Makannya hati2 di sini, jangan ikutan diskon yang kira2 hanya membuat anda kalah. Apalagi momen lebaran, demand-nya sebenernya udah tinggi sekali, ditambah diskon, ya tambah tinggi..

Saran saya, ikuti semua YANG MEMUNGKINKAN. Jadi cari campaign2 yang masuk, cari produk2 yang masuk ke campaign itu. Karen worth banget kok. Produk kita kadang dipajang di depan, traffic-nya jadi tinggi sekali.

Kalau ga ikutan submit diskon gimana? saya sih belum pernah. menurut saya ini beresiko fatal, karena kalau sampai produk kita "disembunyikan" oleh si marketplace, bisa memble kita. Bisa ga habis stok. Bisa ga laku. gawat kan?

Saya belum membuktikannya sih.. karena saya selalu submit diskon menjelang lebaran.. hati2

Permintaan naik

Baju baru alhamdulillah. itu doktrin sejak kecil. Ini ga hanya terjadi di Indonesia kok, di negara lain juga sama. Ketika lebaran, permintaan soal baju baru naik drastis.

Sepengalaman saya, permintaan itu naik 3x, minimal! wajarnya di 3-5x.. tp ada juga yang sampai 10 ~ 20x. gede banget kan?

Jangan sampai, permintaan naik, eh anda malah ga punya barang untuk dijual

Solusi

jadi solusinya untuk menghadapi lebaran buat pebisnis jualan online fashion adalah...
1. 4~3 bulan sebelum lebaran, tahan diskon. pasang tinggi gpp, jual santai
2. karena harga agak tinggi, demand jd agak rendah. jadinya stok numpuk. gpp.. bagus kalau setiap profit dijadiin lagi barang dagangan
3. 2 bulan sebelum lebaran, baru deh pasang2 diskon
4. ketika demand udah tinggi, minimalisir iklan. Wong orang udah pengen mau beli kok, jadi santai aja

ini berdasarkan pengalaman saya, mungkin berhasil mungkin tidak.

semoga ada manfaatnya. terima kasih

0 Response to "Persiapan Menghadapi Lebaran"

Posting Komentar