My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Menghadapi Ulasan Penilaian Buruk di Shopee



Ulasan di Shopee penting banget.. Pengaruh yang paling utama adalah ke keputusan orang jadi beli atau engga. Saya sih beberapa kali mau beli barang ga jadi karena liat ulasan-nya.. anda juga kan?

selain itu, mungkin rating bintang ini akan menjadi skor produk kita supaya muncul di pencarian Shopee..

Apa itu ulasan buruk?

kalau saya, yang ngasih bintang 1 & 2 saya klasifikasikan sebagai ulasan buruk.

Apa dampaknya kalau ada ulasan buruk?

Seperti yang saya bilang di atas, ulasan buruk bisa saja membuat orang yang mau beli, malah ga jadi beli..
lalu.. Kadang penjual online lupa, kalau orang yang ngasih ulasan buruk KEMUNGKINAN BESAR ga akan beli lagi ke toko kita. padahal repeat order adalah kunci suksesnya bisnis. baca: Iklan bukan Segalanya, Repeat Order YES

Apa yang harus kita lakukan kalau dapat ulasan buruk?

Pertama, camkan baik baik, bahwa ga mungkin semua customer kita bakal senang.. Ga mungkin kita ga dapat ulasan buruk sama sekali.. Jangankan kita, brand skala dunia aja pasti ada komplain, pasti ada ulasan buruknya. cek aja sendiri kalau ga percaya..

Jadi ini beberapa tips dari saya untuk menghadapi ulasan buruk

Cara balas penilaian ulasan di Shopee

Masuk ke Shopee di HP --> Toko Saya --> Penilaian Saya

Pilih ulasan yang mau dibalas --> klik titik 3 (...) di kanan atasnya --> pilih balas
Penilaian Toko di Shopee
Penilaian Toko di Shopee



Jangan defensif!

Perspektif orang itu beda beda.. Ada yang ngasih ulasan buruk langsung ke produk anda, ada yang ngasih ulasan buruk ke lambatnya pengiriman, ada yang ngasih ulasan buruk tanpa alasan yang jelas.. beda-beda lah pokoknya.
Anda sebagai penjual harus menghormati itu! meskipun yang customer sampaikan itu salah.. Tapi kan itu customer anda. ya ga? anda hidup dari customer kan?

Maka jangan sekali kali "melawan" apa yang customer tulis di ulasan. JANGAN! baca: Online Shop Professional? Amatir?

Terima aja apapun yang customer bilang, tarik nafas, pikir dengan tenang.... Lalu cari cara supaya kualitas produk atau layanan kita bisa meningkat, toh ini bagus kan supaya kita tau letak kekurangan kita..

Kalau yang dikomentari adalah soal di luar kendali kita gimana (misal: kurir)? yaudah terima aja.. tetep ga boleh defense.. minta maaf aja, urusan lsg kelar. Daripada pembenaran, daripada "melawan"

sekali lagi, JANGAN MELAWAN! JANGAN DEFENSE!

coba deh bayangin kalau anda sebagai si customer, udah mah dapet pengalaman buruk belanja, terus dilawan pula.. bikin tambah males ga untuk belanja lagi?

Coba pikirin jg dari sisi calon customer lain yang baca... Pasti ga enak bacanya, malah membuat image anda / toko anda tambah jelek..

Kasih solusi + hadiah

Saya pernah denger di Youtube, katanya kalau orang yang kecewa dengan produk kita seperti putus hubungan (ga akan order lagi), dan pastikan putus hubungan itu dengan manis, bukan dengan pertengkaran.

Jadi meskipun si pelanggan ngasih ulasan buruk, usahakan dia tetep seneng. Atau setidaknya tidak memandang buruk toko anda..

Caranya ya kasih solusi.. Solusinya bisa berupa tukar barang baru, kirim barang pengganti, refund, dan lain sebagainya..

Bagus kalau bisa sampai ngirim hadiah. Soal ngirim hadiah, kami baru menjalankannya sebulan ke belakang. Jadi setiap orang yang ngasih bintang 1 & 2, akan kami kirimkan souvenir dan kode voucher diskon dalam kertas.. Harapannya si orang jadi terobati kekecewaannya, dan mau order lagi.. Apakah efektif? belum tau, wong baru jalan sebulan



hadiah untuk pelanggan yang memberikan ulasan buruk
hadiah untuk pelanggan yang memberikan ulasan buruk






0 Response to "Tips Menghadapi Ulasan Penilaian Buruk di Shopee"

Posting Komentar