My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Iklan bukan Segalanya, Repeat Order YES

kunci sukses perusahaan
customers want to keep coming back

Gambar di atas, potongan dari artikel yang saya baca di HBR.. Saya diingatkan lagi, makin mantep lagi, bahwa repeat order adalah kunci dari berkembangnya suatu bisnis.

Berapa kali anda sehari Googling? lebih dari sekali. Tingkat return customer Google tinggi, Google besar...

Berapa kali anda buka aplikasi Instagram? lebih dari sekali kan? tingkat kembali customer Instagram sangat tinggi, Instagram besar.

Berapa kalau anda belanja menggunakan Shopee? lanjutkan sendiri...

ketemua ya premisnya.. Semua brand besar, semua perusahaan besar, hampir pasti bahwa tingkat repeat ordernya tinggi.. Tapi ga semua yang tingkat repeat ordernya tinggi, menjadi perusahaan besar. contoh: WC umum. hehe..

Saya mau "benturin" si repeat order ini ke soal ngiklan...

Banyak banget orang yang salah persepsi, bahwa ngiklan adalah segalanya.. Banyak banget yang berpikir: "saya ga akan bisa sukses jualan kalau ga jago ngiklan" daaannn seterusnya..

Faktanya, ngiklan memang penting, tapi bukan segalanya. Faktanya, tanpa ngiklan, banyak juga orang yang sukses jualan online.. 

Faktanya, ngiklan itu ibarat memperbesar volume TV, kalau kontennya bagus volumenya gede, mengganggu.. Tapi kalau kontennya bagus, volumenya kecil, orang berlomba2 ngedeketin telinganya ke TV....

.....

sepengalaman saya, Facebook Ads, Google Ads itu bagus untuk menjangkau orang baru, atau menjangkau orang yang udah "berinteraksi" dengan konten yang kita punya (retargetting)..

Tapi kurang bagus untuk ngebuat orang yang udah beli untuk mau beli lagi.. tau apa yang paling bagus? TELPONIN 1 1! Whatsapp-in 1 1!! dan yang paling penting, buat customer suka dan pengen beli lagi.. yang terakhir ini yang paling susah...

Coba anda bayangin deh, kalau anda punya 10 customer saja, dan setiap bulan 10-10 nya selalu order tanpa perlu biaya marketing, tanpa perlu biaya user acquisition.. enak banget kan?

tapi repeat order 100% itu nyaris impossible.. untuk fashion itu benchmark nya di sekitar 20~30%. kalau utk FMCG mungkin 50%.. baca juga: https://www.garoblogz.com/2021/04/berapa-repeat-order-yang-baik.html

mencapai itu ga mudah..

tp inti poin penting artikel ini adalah anda jangan hanya fokus ke ads.. jangan hanya fokus ke iklan..

Tingkatkan terus service, tingkatkan terus kualitas produk, tingkatkan terus kcepatan respon, turunkan terus harganya.. yang intinya supaya orang mau belanja lagi.

Teori klasik bilang... me-marketing-kan ke orang yang udah pernah pakai jasa kita itu lebih mudah dibanding ke orang baru. pernah denger kan? kalau belum, berarti anda kurang baca. hehe..


0 Response to "Iklan bukan Segalanya, Repeat Order YES"

Posting Komentar