My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

FB Ads CPAS Shopee pakai Saved Audience / Custom Audience?



Alhamdulillah artikel2 saya tentang CPAS Shopee banyak yang liat, banyak yang berujung juga di diskusi via WA. Bahkan ada yang (mungkin) bisa jadi partnership.. mungkin... lumayan peluang. he he

Buat yang belum baca artikel2 sebelumnya, bisa baca di sini ya: https://www.garoblogz.com/search/label/FB%20Ads%20CPAS%20Shopee?&max-results=8

Kan saya selalu menyarankan.... FB Ads CPAS Shopee ini hanya digunakan untuk retargeting.. tapi bisa ga sih kalau audience nya pakai Saved Audience / Custom Audience?

jawabannya BISA!... tapi..................

sebelum lanjut kita samakan dulu definisi..

~~
Saved audience = audience Facebook yang berdasarkan gender, hobi, minat, interest, usia, dan parameter2 lain yang sudah disediakan oleh Facebook

Custom audience = audience Facebook yang bisa kita buat custom berdasarkan data data kita. Misalkan Data Customer, pengunjung website, pengunjung profile IG, yang berinteraksi kita di IG, daann seterusnya..

selanjutnya Saved Audience akan saya singkat dengan SA, custom audience akan saya singkat dengan CA.

~~

yes emang bisa kok bikin iklan CPAS Shopee pakai SA / CA.. tapi sayang banget.. menurut saya ini percuma, ga efektif. kenapa?

Retargeting = Shopee User

kalau kita pakai audiencenya Shopee, alias retargeting, yang kita sasar adalah orang yang udah berkunjung ke website Shopee atau buka apps nya Shopee. Artinya....... orang itu adalah usernya Shopee, sudah punya akun Shopee!

Perlu diingat, ketika anda bikin iklan CPAS Shopee, anda hanya bisa masukin websitenya Shopee sebagai landing page...

Audience nya user Shopee, landing page nya juga wajib Shopee.. lantas kenapa harus pakai SA / CA? hayoh..

Se-cakep apapun SA/CA anda, se-HOT apapun SA/CA anda, ga mungkin seluruhnya user Shopee kan? yang bukan user Shopee kemungkinan besar jadi "males beli".. Saya sih gitu, kadang saya search2nya di Toped, belanjanya di Shopee. ha ha!

ini real loh.. ga boleh naif, jangan melakukan suatu hal yang udah hampir pasti gagal.

Warm market

retargeting itu lebih besar peluangnya untuk closing daripada bukan retargeting. Lebih susah mana, ngejual barang ke orang yang udah tau barang kita, atau ke orang yang belum tau barang kita? jawab sendiri.

SA / CA punya anda, kemungkinan besar kurang kenal dengan produk anda, ketimbang audience retargetingnya Shopee. Lantas kenapa pengen ngiklanin ke SA / CA?

ok katakanlah CA anda adalah retargeting web visitor / visitor IG Profile, ini jawabannya balik lagi ke poin no 1. apakah semuanya adalah user Shopee?

Saya berhasil dapet ROAS ±8x kalau pakai retargeting Shopee. buka link ini untuk liat hasil iklan saya (buka dapur): https://www.garoblogz.com/2021/07/hasil-dari-facebook-cpas-shopee.html

Kalau ga pakai retargeting, jauh di bawah itu... sayang ads setnya udah saya hapus, jadi ga bisa nunjukkin di sini. Saya udah mengalaminya sendiri, sudah membuktikannya sendiri kalau CPAS Shopee ini hanya cocok untuk retargeting! CA / SA ga akan cocok untuk CPAS Shopee... saya harap anda tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Landing page sendiri lebih baik

kalau anda ngotot pengen pakai CA / SA.. saran saya jangan pakai CPAS Shopee.. mending bikin iklan biasa, yang landing page nya ke website anda..

Kalau landing page nya ke web anda, setidaknya anda dapet data yang lebih banyak daripada Shopee. Misalkan data Google Analytics. Jadi bisa diiklanin juga di Google Ads.

Kalau CPAS Shopee, semua datanya kan masuk FB Pixel Shopee. kita hanya bisa pake itu di Facebook Ads.

6 komentar:

  1. Bang, sya udah menggunakan itu, untuk metrik nya jomplang antara di dashboard facebook dan shopee, apakah ada yg slah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jomplang apanya? omsetnya kah? besar mana FB atau di Shopee?

      kalau lebih besar di Shopee-nya, wajar.

      Hapus
    2. Mas mau nanya
      Saya ada toko di shopee maub melajar dari awal agar bisa retargeting audience pake CPAs caranya bgm mana ?

      Hapus
  2. Atau ada WA mas ..?
    saya mau nanya secara privat kalo boleh gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya boleh. no WA cek aja di halaman "tentang saya"

      Hapus