My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Shopee Marketing Protokol

Saya bingung ngasih judul apa. Judulnya terlalu keren, aslinya kontennya biasa aja. jadi artikel ini saya akan bahas, apa yang harus anda lakukan terhadap produk anda di Shopee supaya penjualan jadi optimal.

Sebelumnya anda bisa baca dulu beberapa artikel terkait:

Saya asumsikan anda udah biasa "jala2" ke statistik toko anda di tab "Bisnis Saya" ya.. khususnya bagian Produk --> performa.


Jika ada produk yang conversion rate 2% atau lebih

Conversion rate itu metrics penting sekali. Artinya jumlah transaksi dibagi jumlah orang melihat produk anda. Jika conversion rate = 2%. artinya dari 100 orang yang lihat, 2 orang jadi beli.

2% itu standard conversion rate jualan online. Jadi jika anda memiliki produk dengan conversion rate anda 2% atau lebih, berarti produk tersebut bisa dibilang LAKU.

apa yang harus anda lakukan? BOOST! Iklanin! perbanyak reach! jangan ragu.

Setelah anda iklanin dengan budget tertentu, cek minimal seminggu sekali, conversion ratenya turun apa naik? kalau naik (jarang terjadi) BOOST LAGI! tambah lagi budgetnya..

kalau malah jadi turun, cek apakah anda masih profit dengan biaya iklan yang dikeluarkan? jika iya lanjutkan. jika tidak kurangi budget iklan.


Jika ada produk yang conversion rate kurang dari 2%

Conversion rate kurang dari 2% berarti ada kemungkinan produk anda GA LAKU. Artinya orang pada lihat, tapi ga mau beli. Jadi PR anda adalah bagaiman membuat orang yang liat itu jadi mau beli. caranya gmn?

bisa kasih diskon, bisa kasih voucher, bisa kasih janji bonus, bisa turunin harga.. Secara umum, ini masalah pricing.


Jika ada produk yang dilihatnya = 0

kalau anda menemukan produk yang dilihat = 0, dan sudah anda upload minimal dari seminggu yang lalu. berarti ada yang salah. artinya orang ga mau lihat, atau orang ga "nemu" akses untuk melihat produk tersebut.

Biasanya yang paling sering terjadi adalah karena salah keyword judul. Cek kompetitor produk anda tersebut, lalu contek aja judul produknya, modif dikit2. 

Cek juga foto kompetitor anda, yang paling laris, bandingkan fotonya. Mana lebih menarik? kalau foto anda kurang menarik dibandingkan kompetitor terlaris, ganti fotonya!

Cek minggu depan, apakah ada pertumbuhan "dilihat"?

Jika iya, berarti sudah berhasil, tinggal tunggu ada penjualan atau tidak

tapi jika views/dilihatnya tetep juga 0, artinya produk anda ga akan laku. Permintaan di Shopee kecil sekali. saran saya untuk produk kaya gini, "KILL" aja.


Jika ada produk yang conversion rate = 0, tapi dilihat lebih dari 1000x

produk udah banyak yang liat, tapi ga ada penjualan? pertama pastikan dulu bahwa produk anda sudah 1000x dilihat orang atau belum.

Kalau belum, balik ke poin sebelumnya, ganti judul / ganti foto.

Kalau 1000 orang sudah lihat produk anda dan tetep saja tidak ada penjualan, artinya produk anda ga laku, KILL aja.

Atau obral, cek poin no 2.

--

Poin2 di atas saya coba sederhanakan. Setidaknya itu yang saya lakukan, dan ini prosesnya LOOPING alias muter2. Ga ada jurus yang membuat 1 produk jadi laku sepanjang masa, yang ada hanya optimasi bagaimana suatu produk bisa laku dengan opsi yang tersedia. duh bingung ya?

emang konten ini agak kompleks. tapi coba baca pelan pelan, lalu eksekusi. Jika masih bingung jg, sy open to discuss kok. bisa reach saya via WA, cek halaman "about me" ya

0 Response to "Shopee Marketing Protokol"

Posting Komentar