My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Shopee Iklanku Kata Kunci atau Produk Serupa?

Saya sudah experimen soal Shopee Iklanku selama 3 tahun lebih..., dan setiap hari selalu saja merasa "bodoh".

ROAS (return on ad spent) terbaik saya hanya di angka 5-6, padahal budget saya di angka 9++

apa itu ROAS? intinya kalau anda keluar uang 10rb rupiah dan omset 50rb, maka ROAS anda = 5. Jika anda keluar uang 100rb rupiah, dan dapat omset 2jt, maka ROAS anda = 20.. faham ya?

Post ini saya bahas bedanya Shopee Iklanku Kata Kunci dan Produk Serupa.

1. Definitif dan fungsi

Simple aja. Shopee Iklanku Kata Kunci itu menyasar orang yang mencari dengan keyword tertentu di Shopee. Kita bisa menentukan keyword apa yang mau kita iklankan, bebas asalkan masih relate dengan produk kita.

Sedangkan iklan Produk Serupa, menampilkan produk kita di halaman tertentu. Utamanya di produk produk yang mirip dengan produk kita. Jika anda jual HP Samsung, kemungkinan produk anda akan muncul di produk lain yang HP Samsung juga, di bagian bawahnya. Nah sayangnya, ini kita ga bisa milih produk kita akan muncul di halaman produk yang mana, Shopee akan secara otomatis mencari produk produk yang memang mirip dengan produk kita. Miripnya berdasarkan apa? paling utama berdasarkan judul dan kategori.

Setau saya, iklan produk serupa ini belum support untuk produk penunjang. Misalkan... Anda berjualan kabel data USB 3.0, produk anda hanya akan muncul di seputaran produk kabel. Padahal yang membutuhkan produk kabel USB 3.0 kan pasti dia interest ke komputer atau lapotp. nangkep ga sampai sini? kalau ngga, baca ulang pelan pelan ya....

2. Mana lebih menguntungkan?

Sebulan terakhir saya memasang biaya per klik yang sama antara Iklan Kata Kunci dengan Produk Serupa. hasilnya? ternyata pengeluaran iklan untuk Shopee Iklanku Kata Kunci, 2x lebih besar ketimbang iklan Produk Serupa. Lihat gambar di bawah:

Shopee Iklanku Kata Kunci dan Produk Serupa
Shopee Iklanku Kata Kunci dan Produk Serupa



Menariknya, performa kedua iklan ini hampir sama. Yaitu menghasilkan ROAS 5~6.

Jujur saya susah banget nemu ROAS sampai 9++, kecuali kalau lagi lebaran, atau lagi big campaign seperti angka kembar 1111 1212....

Angka ROAS ini penting sekali sobat. Karena ngaruh ke pricing produk anda...

Profit kotor bisnis saya sebenernya di 50%-an, 20% udah keambil oleh iklan Shopee, 8% oleh fee marketplace, 1%++ pajak dan promo2 Shopee, belum lagi kalau kita set diskon 10%, belum diitung gaji karyawan, belum diitung operasional sehari hari. Intinya kalau hanya melihat hal ini, Shopee Iklanku saya betul2 boncos! rugi! percuma!

Padahal sebenernya tidak melulu boncos, kalau melihat "sempit" tok hanya Shopee Iklanku, ya memang boncos. Tapi kalau lihat Omset Shopee keseluruhan? belum tentu. Ini udah pernah saya bahas di sini: https://www.garoblogz.com/2020/10/free-marketing-dari-shopee.html

Jadi kesimpulan saya, mau pakai iklan Kata Kunci atau Produk Serupa, itu sama saja. Tapi harus beriringan. Jangan Shopee Iklan Kata Kunci saja atau Produk Serupa saja.

==

semoga bermanfaat.

baca juga tips tips seputar jualan Shopee lainnya di sini.

0 Response to "Shopee Iklanku Kata Kunci atau Produk Serupa?"

Posting Komentar