My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Presentasi yang Keren, Bagus, dan Efektif

Saya belajar tips2 ini sebagian besar dari dosen saya, pa Budi Rahardjo. nempel banget emang tips tips beliau ini, plus saya tambahkan pengalaman saya pribadi dan dari bacaan2. Ini cuma secuil aja sih, yang utama tetep style presentasi yang pa Budi ajarkan.

Berikut ini tips presentasi yang keren, bagus dan efektif, baik online maupun offline:

1. 15 menit!

Anda pernah dengerin orang 1 jam full dan fokus sepanjang waktu? saya sih ga pernah
kalau setengah jam? ya mungkin pernah

Tapi katanya sih, optimalnya itu otak manusia bisa fokus hanya 15 menit. Makanya dari itu, presentasi yang baik itu hanya 15 menit saja per sesi. Ya lebih dikit boleh lah jadi 20 menit.

Menurut saya, materi cukup 15 menit, sisanya adalah tanya jawab dan diskusi. Karena tanya jawab dan diskusi biasanya lebih ngena ke audience ketimbang materi presentasi.

2. LATIHAN!

ada anekdot kurang lebih seperti ini:
Jika anda ingin presentasi 10 menit, anda membutuhkan waktu persiapan 2 minggu
Jika anda ingin presentasi 30 menit, cukup persiapan 1 minggu
Jika anda ingin presentasi berjam jam, GA PERLU persiapan!
nangkep ga maksudnya?

Cristiano Ronaldo aja, pemain bola terhebat se-dunia, masih perlu latihan! sekarang coba ngaca, apakah anda orang terhebat dalam presentasi? tentu tidak kan?? lalu kenapa anda meremehkan persiapan latihan presentasi?

Orang selalu menganggap bahwa persiapan presentasi hanya persiapan materi saja. Padahal materi itu ya mungkin hanya 30% kontribusinya untuk suksesnya suatu materi.

Sekarang coba bayangin gini, materi bagus disampaikan dengan jelek. Audience ngerti atau tidak? artinya sukses atau tidak? jelas ini presentasi gagal

materi jelek, disampaikan dengan bagus. Audience mungkin tetep ga ngerti. Tapi nempel dan berkesan pastinya buat audience. Anda pilih mana?

Ya! kudu bin wajib untuk latihan presentasi, kalau ada pasangan, jadikan suami/istri anda sebagai audience latihan. Kalau ga ada, pakai kaca juga cukup kok.

Dengan latihan anda menguji materi anda, menguji penekanan anda, dan lain sebagainya. Sehingga slide presentasi anda pun akan ber-iterasi terus menjadi lebih baik, seiring kuantitas latihan anda.

Ok ya. ga boleh sombong. Sejago apapun anda tentang materi yang mau disampaikan, tetep kudu bin wajib latihan. Ingat analogi saya di atas soal Cristiano Ronaldo.


3. hindari text terlalu banyak

Semenjak tau  tips tips ini, saya mulai kesal kalau ada yang presentasi tapi isi slidenya text semua! ini mau presentasi apa disuruh baca text-book woy!

Ayo lah... buat apa presentasi, kalau audience disuruh baca slide yang panjaaaaaanggggggg. apa gunanya anda di depan?

Ya cukup highlight saja, lalu jelaskan secara verbal oleh anda.

Sang master presentasi, Steve Jobs, setiap presentasinya hanya terdiri dari gambar yang gede, dan 2-4 kata doang... yes hanya 2-4 kata! kalau anda? hayahhh 1 paraghraph di-copas kan? haha

coba cek aja di video ini..




4. Ciri presentasi yang sukses

- Banyak yang nanya, waktu habis tapi pertanyaan belum selesai
berlaku kebalikan ya, jika presentasi anda ga ada orang yang nanya sama sekali, berarti presentasi anda jelek banget! yes jelek banget! orang itu diam bukan karena ngerti, tapi karena sangat tidak mengerti, jadi ga tau mau nanya apa.

- Diminta presentasi lagi
Jika anda diminta presentasi lagi, dan ada kaitannya dengan presentasi yang lalu lalu. Berarti presentasi anda sukses. Misalkan anda menjadi pembicara diajak oleh teman anda, jika besok besok teman anda yang sama minta untuk presentasi meski topik berbeda, ini berarti presentasi anda sebelumnya sukses..

atau 

Jika anda mempresentasikan topik A, selang beberapa waktu ada orang yang ngontak dan meminta anda presentasi ulang materi A. Nah ini ciri, bahwa presentasi anda soal A, memikat orang, dan sukses. nangkep  ya?

==

ya sekian aja tulisan ini, semoga bermanfaat, dan langsung praktekkan ya!

0 Response to "Tips Presentasi yang Keren, Bagus, dan Efektif"

Posting Komentar