My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Masjid Jadi Pusat Peradaban

Saya sempat berangan angan, ngisi pelatihan bisnis di masjid. Sehingga sudah jelas pesertanya adalah pebisnis dan muslim taat (Insya Allah)... Harapannya umat Islam ini bangkit dari sisi pebisnis, dari sisi ekonomi. Dakwah kita udah bangkit jauh dan positif loh, sekarang coba anda cek foto anak sekolahan tahun 80-an bandingin sama tahun 2000an sekarang.. Pasti tahun 2000-an lebih banyak yang berjilbabnya.

Tapi angan ini "stuck" dan jadi pesimis. Karena baru saja beberapa hari lalu saya selesai baca buku adab islami (baca: https://www.garoblogz.com/2021/02/review-buku-adab-akhlak-islami-majid.html), disitu disebutkan bahwa dilarang keras jual beli di masjid. Alias tidak boleh jual beli di masjid..

Lalu kok banyak yang jualan di masjid masjid besar? di halamannya apakh kehitung bukan masjid?

Jadi diskusi tentang bisnis ga boleh?

Kalau belanja online pas lg duduk duduk di masjid gimana?


wah macem macem di otak saya mempertanyakan itu. Jujur saya bingung mau nanya ke siapa, dan ga pengen nyari juga nanya ke siapa. Khawatir dapat jawaban yang lebih mencengangkan.

Wallahualam..


Itu soal jual beli. Kalau kita tarik ke hal yang lebih konseptual, mungkin ga sih masjid jadi pusat peradaban?

Katanya sih ini terjadi di zaman Nabi Muhammad SAW dan sahabat.. Apa apa diajarkan di masjid, strategi perang dibicarakan di masjid, kumpul keluarga (?) di masjid, dan masih banyak lagi. Mungkin terkecuali dengan jual beli.

Coba kita berkaca ke kondisi masjid sekarang..

Kalau masjid di komplek komplek elit, yang pernah saya datangi, mereka sangat concern soal ini. Sering diadakan kajian kajian, tapi sayangnya hanya seputaran yang tidak praktikal. Saya tuh kebayangnya, masjid bikin pelatihan memasak, masjid bikin pelatihan jahit dan seterusnya.. mungkin tinggal tunggu waktu sih hal ini bisa kesampaian.

Jadi kalau masjid di kompek komplek elit, menurut saya sudah menjadi simpul peradaban masa kini.


Nah yang jadi soal itu kalau masjid masjid di gang sempit, maaf di-kata, yang isinya orang orang kolot..

Sebagian besar penggunaan masjid untuk sarana ritual seperti solat berjamaah, pengajian Quran, Salawatan, dan lain lain.. Ini yang menurut saya mengkerdilkan arti masjid. Memang, masjid itu adalah tempat ibadah, tapi bukankah meningkatkan kualitas umat juga ibadah?


wallahualam...


Jadi kesimpulannya. YES! masjid lambat laun akan kembali lagi menjadi pusat peradaban. Kalau dulu pusat peradaban berangkat dari rakyat jelata ke atas, sekarang kebalik. Dari masjid elit ke masjid jelata. Wajar. Karena masjid elit terdiri dari orang orang berduit, yang punya pendidikan lebih baik biasanya, dan tentu punya kesadaran yang labih baik..


Yuk ah cintai masjid []

0 Response to "Masjid Jadi Pusat Peradaban"

Posting Komentar