My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mental Loop: Overthinking

Ini saya mau nulis yang agak ngejelimet di otak. Mau saya tumpahin ke tulisan ini. mudah2an terstruktur dan mudah dimengerti (no editing)...

Masalah orang ga beprestasi itu karena sering masuk ke MENTAL LOOP, mental loop yang jenisnya overthinking. Terlalu keras memikirkan sesuatu, sehingga alih alih eksekusi solusi, malah ketakutan, dan ujung2nya diam.

sebagaimana kita ketahui, diam dalam keterpurukan adalah tindakan terburuk.

Mikir terus tanpa aksi percuma bro.. Mikir tapi ga dapet solusi? oh ini gak mungkin. Solusi itu ada solusi komperhensif ada solusi kecil.. Solusi komperhensif yang ngebuat seluruh masalah selesai, solusi kecil yang ngebuat sebagian kecil dari masalah selesai.

Faktanya hampir ga ada di dunia bisnis ini solusi yang komperhensif. Hampir ga ada 1 solusi yang membuat semua orang senang. Nyaris tidak pernah saya berhasil membuat 1 solusi yang membuat masalah besar selesai.

Ya memang begitu.. Seberat apapun masalah anda, sebesar apapun masalah anda, se-ruwet apapun masalah yang anda hadapi. PASTI (insya Allah) ada solusi kecilnya..

Sebagai contoh saya kasih ilustrasi deh..

Anda bingung mau naik haji, mahal lah, ga pnya passport lah, ilmu belum cukup lah, sakit lah, dan lain sebagainya.. ya kalau ini dipikirin doang, jadinya overthinking jadinya mental loop. diem disitu situ aja..

Padahal meski anda sakit, anda bisa buat parssport toh? padahal kalau sekarang anda ga punya uang bisa nabung toh? Padahal kalau naik hajinya masih lama bisa ngebenerin dulu kesehatan badan toh?

bikin passport, nabung, dan pola hidup sehat adalah solusi untuk naik haji. lihat solusinya tidak 1, tapi 3. Ini contoh sederhana aja. Aslinya 1 masalah gede, mungkin ada ribuan bahkan ratusan ribu solusi.

Menta Loop ini bahaya loh kawan.

Ga sedikit orang yang jadi stress gara2 masuk mental loop dan ga keluar keluar.

Kalau ga bisa keluar sih mungkin di luar kuasa ybs, tapi kalau GAK MAU KELUAR?

serius. banyak tau orang yang gamau keluar dari mental loop. siapakah itu?

Orang yang ketika ditanya hal besar, jawabannya pesimis. contoh:

"kapan lu punya mobil mewah?" "ah.. kerja gw gini2 aja mana bis coy"

nah inilah contoh orang yang terjerumus di mental loopnya sendiri...

Coba ini lebih ke sifat apa? YES! tepaatt.. pesimistis..

Inilah inti dari artikel ini, orang pesimistis akan mudah jatuh ke mental loop. orang optimistis tidak.
Orang pesimistis lebih suka berlarut dalam perasaan tanpa solusi, orang optimis menyongsong masa depan!

jangan salah artikan ya... Bukan tidak boleh memikirkan suatu hal sampai dalam dalam. ini penting kok. ya contohnya bangunan konstruksi ga mungkin ga dipikirim dalem dalem untuk ngeluarin DED (Detail Engineering Design). ya ga?

The key is,bagaimana anda bersikap menghadapi masalah yang anda hadapi. Jika optimis, selamat kemungkinan besar anda tidak akan terjatuh ke mental loop. jika pesimis? please jangan!

semoga bermanfaat []

0 Response to "Mental Loop: Overthinking"

Posting Komentar