My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Takut Bisnis Anda Dicuri Orang?

Apa anda pernah denger suatu bisnis dicuri orang?

Cerita yang paling banyak beredar itu seperti:
  • Anak buah membuat perusahaannya sendiri menggunakan "resep" bos nya, dan mengalahkan bosnya yang dulu
  • Mantan pegawai membocorkan rahasia jitu perusahaan
  • Ex Pegawai besar membuat tandingan perusahaannya yang lama
  • dlsb
Ya sih saya pernah denger cerita cerita seperti itu, tapi saya sendiri belum pernah mengalaminya dan tidak punya kenalan dekat yang mengalami hal tersebut.

....

Saya lagi nyari orang high-talented person untuk saya proyeksikan suatu saat jadi pengganti saya, lalu kemarin teman saya bertanya, "apa ga takut dicuri kalau hire orang pintar? jadi orang pinter itu bikin perusahaan tandingan?"

Dengan gamblang saya jawab "TIDAK"

Bisnis utama saya itu brand pakaian muslim anak (Bajuyuli), keunggulan kami bukan di desain. Wong desainer aja ga ada. Desainer nya cuma saya dan istri, comot sana comot sini, gabungin deh. hehe

Keunggulan utama kami adalah di sistem operational. Tentang produksi, admin, packing, gudang, inventory dan lain sebagainya. Saya merasa cukup bangga hati dengan apa yang saya lakukan, karena sistem operation yang saya terapkan, ilmunya bukan dapat dalam 1 malam.

Nah karena itulah saya ga takut ada orang yang "nyuri" bisnis saya, karena untuk orang me-replika brand saya (dari sistem sampai desain), ga mungkin bisa dilakukan dalam waktu singkat, meskipun modalnya super duper besar. Paling ngga 1-2 tahun lah si "pencuri" baru bisa menduplikasi, itupun kalau udah ga ketinggalan jaman! hehe.. 1-2 tahun kemudian bisnis saya pasti berubah lagi systemnya, jd ga akan ada orang yang bisa ngikutin.

Ini bukan berarti bisnis saya hebat banget loh ya. Kain poinnya bisnis saya itu bisa "dicuri" atau tidak.

nah itu kalau saya...
...
on the other side...
..

Hal ini bakal berbeda banget kalau misalkan anda jualan makanan, dan keunggulan anda adalah resep yang UENAKKK banget.. sekalinya orang lain tau resep itu, orang lain bisa bikin makanan yang sama enaknya dengan anda. iya gitu bakal seperti ini?

OK kita tinjau KFC, katanya sih resepnya rahasia banget, dan belum banyak orang yang tau sampai sekarang. Coba kita bayangkan kedepannya, emang kalau seseorang/kompetitor KFC bisa mencuri resepnya KFC, apa bisa bikin service yang sama dengan KFC? ga akan bisa..

Apalagi kalau perorangan. Misalkan pegawai KFC resign dengan berbekal tau resep KFC, lalu dengan pongahnya bikin bisnis ayam sendiri. Apakah si resep itu jadi faktor utama? tidak.. apakah dia bakal bisa menyaingin KFC? tidak akan! butuh waktu setidaknya 1-2 tahun untuk bisa membangun sistem seperti KFC, itupun kalau punya uang tak terbatas.

nah sampai sini nangkep ga ya poin dari post ini?

Intinya jangan takut ide anda dicuri, karena orang dibalik ide itu lah yang utama. Kalau kata Jim Collins di Good to Great: "First Who.. then What". Baca juga: https://www.garoblogz.com/2020/09/siapa-dulu-baru-apa.html

0 Response to "Takut Bisnis Anda Dicuri Orang?"

Posting Komentar