My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Kaum Tak Berguna

Kaum tak berguna atau unskilled labor atau waste labor, ini adalah istilah yang ada di buku Yuval Noah Harari, saya lupa buku yang mana, tapi saya udah baca 3 buku doi. Review nya ada di sini:
Sebenernya saya lupa istilah tepatnya apa. Tapi istilah itu, intinya adalah bakalan ada suatu kaum nanti yang tidak berguna, akibat majunya AI dan otomasi.

ilustrasi kaum tak berguna
ilustrasi kaum tak berguna



Di buku itu dibilang, NANTI, tapi kayanya kaum tak berguna ini udah ada. Hanya saja keberadaannya tidak terpusat, dan tidak terlihat jelas di mata masyarakat.

Faktanya, saya sebagai praktisi UMKM, beberapa kali ada karyawan saya yang unskilled tapi ketika disuruh kerja malah: ga disiplin lah, sering ga masuk lah, ga mau belajar lah, etos kerja rendah lah, mengeluh gaji kecil lah, daaaannnn masih banyak lagi.

Menurut saya orang seperti itu udah tergolong kaum tak berguna.

Jujur saya agak kesel dan trauma dengan orang seperti itu. Muda, kuat, menganggur tapi ketika diajak kerja....... duhh... bikin emosi kalau mengingat ingat...

Orang itu menganggur bukan karena ga ada kerja, tapi karena MALAS!

Apa sih yang menyebabkan mereka malas? banyak faktor, tapi salah satu porosnya adalah tingkat pendidikan! orang yang MALAS seperti itu biasanya berpendidikan rendah, tapi tidak semua orang berpendidikan rendah bekerja dengan malas.

Dengan pendidikan rendah, orang tidak terbiasa berpikir maju ke depan. Sehingga hidup hanya untuk hari ini, ga pernah mikirin untuk menghidupi hari esok. Jadi kalau masih ada uang, buat apa kerja?

Dengan pendidikan rendah, memengaruhi pola pikir akan kemandirian. Mungkin menganggap kemandirian itu ga penting. Jadi kalau masih bisa dapat penghidupan dari orang lain (misal dari orang tua), kenapa harus kerja? malas!

Dengan teori saya ini, semakin shahih bahwa poros akar masalah dari buruh adalah soal pendidikan yang rendah. Ini memengaruhi hard skill dan soft skill.

Jadi bagaimana solusinya?

Saya jadi berpikir, mungkin ga ya kita bikin Pembangkit Listrik Tenaga Manusia? ya tenaga manusia.. jangan dulu tinjau moralitas dan kemanusiaan ya.. Tapi ini bisa banget jadi solusi buat orang orang yang masuk golongan kaum tak berguna.

Orang bilang, lapangan pekerjaan tidak ada, sehingga banyak pengangguran. Meskipun faktanya, lebih banyak yang ga bekerja karena malas, tapi benar juga kalau lapangan pekerjaan itu memang terbatas! cuman ga ada yang tau berapa batas nya..

Nah kalau kita bikin Pembangkit Listrik Tenaga Manusia, input utk manusia bisa UNLIMITED! ini solusi banget kan? manusia bukan hanya jadi pekerjanya, tapi jadi bahan bakarnya...

Bentuknya pembangkit listriknya seperti apa? nah ini saya jg ga tau..

Mungkin someday saya akan eksekusi ide ini...


0 Response to "Kaum Tak Berguna"

Posting Komentar