My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku Sapiens - Yuval Noah Harari

Jujur saja saya beli buku ini yang bajakan, setelah buku bajakan ini lepas lepas dan ga enak dibaca, jadi saya beli juga yang original. berikut perbedaan Original dan Bajakan

yang kanan buku bajakan, yang kiri buku original Gramedia
yang kanan buku bajakan, yang kiri buku original Gramedia


atas buku asli Gramedia, bawah buku bajakan udah lepas lem nya
atas buku asli Gramedia, bawah buku bajakan udah lepas lem nya


kualitas gambar yang sangat jauh antara buku original dan buku bajakan
kualitas gambar yang sangat jauh antara buku original dan buku bajakan


OK skg kita ke konteks isi buku ini. Buku ini terdiri dari 500+ halaman, karena saya memang suka sejarah, saya lahap buku ini dalam 4 hari saja.

Buku Sapiens ini bercerita tentang manusia dari jutaan tahun lalu hingga sekarang dari sudut pandang makro. Banyak banget yang baru saya ketahui, meski tidak tahu yang tertulis di sini shahih atau tidak.

Yang saya salut, sang penulis yang Yahudi bernama Yuval Noah Harari, cukup objektif menilai muslim dalam bukunya ini. Dia menilai muslim dari sudut pandang orang ketiga, dan penilaiannya objektif atau tidak memojokkan. Meskipun yang dia nilai menurut saya kurang tepat. Seperti dia bilang bahwa di Al-Qur'an tidak ada science, padahal ada banget kan? si Yuval berpendapat begitu karena tidak tahu, bukan karena tidak suka ke Islam.

Biasanya buku buku liberalis yang saya baca, dan penulinsya pun liberalis, seringnya memojokkan Islam dan sentimen terhadap Islam, di buku ini ternyata tidak. Good job Yuval Noah Harari

Buku ini sangat mesra dengan teori Darwin: evolusi. Padahal teori Darwin ini banyak ditentang oleh ulama ulama Islam. Jadi saran saya jika anda belum punya cukup iman, jangan dulu deh baca buku ini.

Banyak yang akan membuat anda tercengang, dan kaget ketika baca buku ini. Karena buku ini menyajikan sudut pandang makro, yang tidak mungkin pernah dialami seseorang. Sebagai contoh, apakah anda skg hidup di dunia yang penuh kebencian dan tidak aman? perang Iraq, perang Afghanistan, Uyghur? ternyata tidak! kita di tahun 2000-an ini relatif hidup lebih aman dibandingkan orang yang hidup di tahun 1500-an.

Di tahun 1500-an kita ga bisa tenang baca tulisan, karena bisa saja kapan saja ada bangsa lain yang menjajah wilayah kita. ngeri kan?

0 Response to "Review Buku Sapiens - Yuval Noah Harari"

Posting Komentar