My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Tips Dasar Sukses Facebook Ads

Sebenernya saya ga jago jago amat soal FB ads, masih belajar terus. Bahkan fokus ke FB Ads pun baru beberapa bulan ke belakang, sebelumnya saya fokus ke Google Ads.

Entah mengapa performa Google Ads saya turun, jadinya loncat dan seriusin Facebook Ads deh...

Sukses Facebook Ads
Sukses Facebook Ads



Jadi yang dulu saya FB Ads alakadarnya dan ngulik terus Google Ads, sekarang Google Ads alakadarnya dan ngulik terus FB Ads.

Saya menyimpulkan ada 1 hal paling PRINISP untuk bisa sukses ngiklan Facebook, yaitu.....

AUDIENCE yang TEPAT

logikanya seperti ini..

Landing page anda bagus, mudah dan ringan, tapi nargetin orang yang salah. siapa yang mau beli?
Copywriting keren, clickbait, tapi orang yang kena ga mungkin beli. contoh: ngiklanin kerudung ke bapak bapak. sangat ga efektif!
foto iklan bagus, copywriting bagus, tapi salah orang. sama aja boong...

bandingkan dengan ini:

Landing page biasa aja, cukup. Tapi orang yang dateng emang orang yang pengen banget beli.. dikejer tuh..
Copywriting banyak typo, foto ga jelas, tapi orang yang lihat merasa produk anda menjadi solusi.. kemungkinan besar beli!

nah apa udah kebayang?

pertanyaannya sekarang, bagaimana menentukan audience yang tepat? ini saya urutkan audience yang tepat yang saya alami.. diurutkan dari yang performanya paling OK


Lookalike dari Database Pelanggan

Saya punya sekitar 140rb no HP dan 2000-an email. itu adalah orang yang pernah order ke kami. Data ini bisa kita upload ke Facebook, dan dijadikan audience untuk ngiklan kita.

Tapi dari 140rb + 2000 itu ga semuanya ada FB atau IG nya. Ada yang emang ga ada, ada yang no HP salah, typo, kami salah input, dan masih banyak lagi. Alhasil hanya dapet ±100rb aja..

Dari 100rb ini kita bisa minta Facebook untuk bikin Lookalike, artinya Facebook akan mencari orang orang yang punya kemiripan dengan 100rb orang tersebut. Bisa diatur, kita mau ambil 1% teratas orang yang mirip audience kita, sampai 10% teratas orang yang mirip audience kita.

Kalau saya pakai yang 10% lookalike, sehingga didapatkan besaran audience sekitar 4jt..

Nah 4jt orang itu diiklanin udah enak banget... Terasa orderan naik, jika budget ngiklan ditambahkan ke audience tersebut.

Database Pelanggan

Kenapa ga nargetin pelanggan langsung aja tanpa di-lookalike-kan? ya memang betul bahwa bikin orang beli lagi itu lebih mudah ketimbang nyari orang baru.

Cuman masalahnya audience saya yang hanya 100rb itu tergolong kecil. Sehingga kalau saya ngiklan hanya ke 100rb orang tersebut, biayanya bisa 2-3x lipat lebih mahal ketimbang si Lookalike.

Jadinya saya lebih memilih Lookalike Database pelanggan menjadi yang pertama daripada MURNI database pelanggan. hasil tidak terlalu jauh, tapi dengan harga yang jauh lebih murah.

Harga di sini seperti CPC, CPM, cost per conversion dst.

FB Pixel Conversion Event

Buat anda yang belum "nanem" conversion event FB Pixel, sayang banget! ini dibilang fitur baru, mungkin baru 1-2 tahun lah. Sebelumnya orang hanya ngejer pageview. Tapi kan kita jualan! yang kita cari itu orang yang mau beli! orang yang bayar, dan orang yang checkout.. yaitu orang yang terkonversi...

Masalahnya orang yang klik conversion di web kita (misal klik ngontak WA, klik IG Profile, klik purchase) kan belum tentu transfer. Ini perlu kita "kejer" lagi, dengan diingatkan terus menerus melalui iklan.

FB Pixel Web Visit

Prinsipnya sama aja dengan poin sebelumnya. kita menargetkan kembali orang yang sudah visit website kita. Tapi ini kan kurang "hot" ketimbang orang yang sudah klik conversion, makannya saya taro di bawah...

Demografi - Geografi

Ini adalah audience terakhir, yang biasanya masih digunakan oleh seller seller newbie..

2 bulan terakhir, saya udah ga pakai audience jenis ini..

Jika anda belum punya database pelanggan, saran saya gunakan audience ini dengan syarat sebagai berikut:
  • gender harus jelas
  • usia harus jelas
  • target-kan beberapa provinsi saja (jangan seluruh Indonesia)
  • Relationship status kudu jelas
  • Total Audience minimal = 5jt
==

artikel ini memang bukan untuk newbie, jd maaf ya kalau banyak istilah yang ga ngerti

0 Response to "Tips Dasar Sukses Facebook Ads"

Posting Komentar