My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Babak Final Jualan Online

Minggu ini adalah "minggu terakhir" jualan online, bukan berarti abis minggu ini gak jualan lagi. Cuman minggu depan itu lebaran! berarti sekarang adalah puncak puncaknya untuk jualan online. Setelah itu pasar akan jauh lebih lesu ketimbang tepat sebelum lebaran, makannya momentum ini penting sekali untuk nyari profit!


Sebenernya bukan nyari profit sih, tapi ada yang penting juga, yaitu clearance.


Barang yang tadinya gak laku, malah jadi laku. Karena permintaan luar biasa besar.


Jangan sampai setelah lebaran ini, ada barang yang masih nangkring karena gak laku. Sayang banget... Ini momen paling tepat untuk clearance dan tetep ambil untung.


Beda halnya dengan cuci gudang, misal di akhir tahun, orang itu memang mau belanja karena lihat diskon dan potongan harganya. Tapi kalau di Lebaran, orang mau beli karena memang butuh!! memang diskon atau potongan harga jadi faktor, tapi itu bukan y6ang utama. Ya ibarat kta, gak perlu deh ngasih diskon terlalu dalem, orang udah mau beli! enak banget kan..


Hanya saja....


Jujur lebaran tahun ini tidak sesuai  harapan... Omzet saya dibandingkan tahun lalu itu -25%, ini gede banget! sedih dan kesel. Ketemu sih kesalahannya dimana, tapi kan gak bisa diulang ya. Padahal momen lebaran ini setahun sekali, ternyata salah strategi.. bikin keselllllll...


Berarti harus ada evaluasi tahunan yang besar tentang lebaran ini.


Evaluasi terbesar lebaran tahun ini di sisi saya adalah....


- tidak nyetok terlalu banyak di sebelum lebaran

- tidak memperhitungkan bahwa best seller berganti, dan pengerjaan best seller baru ternyata tidak secepat yang dikira

- salah vendor utama "pundung" dan saya ga mau nurunin ego. akhirnya kami jalan dengan 3 dari 4 vendor, lumayan juga kerasa.

- tidak ada cash ready banyak --> kalau ini emang susah solusinya.. karena ternyata penjualan sebelum lebaran tidak sesuai harapan


ya begitulah, ini evaluasi besar tahun ini. sengaja dicatat di sini untuk dicek lagi tahun depan. Mungkin sepertinya strategi menjelang lebaran itu harus dipersiapkan sejak 1111 deh. jangan sampai 1111 terlalu banyak "burning" cash, karena ada kebutuhan banyak uang cash untuk nyetok barang.


wallahualam. bismillah menghadapi tahun depan.

0 Response to "Babak Final Jualan Online"

Posting Komentar