My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Buku: The Everything Store (Amazon)

duh buku ini lama sekali saya habisin. Padahal bentuknya cerita, dan lumayan seru sih. Buku dengan kurang dari 400 halaman ini saya habisin setengah bulan. Mungkin ini rekor terlama saya dalam melahap buku sejenis.

Yang saya baca versi Kindle-nya. Btw, saya udah pakai Kindle kurang lebih setahun, dan ngerasa enak banget. Saat ini saya lebih prefer baca buku lewat Kindle daripada buku fisik. hehe. ya cuman ga semua buku available fisik-nya, begitu juga sebaliknya.

Balik ke konteks buku ini, yang judul lengkapnya adalah: The Everything Store - Jeff Bezos and The Age of Amazon. Penulisnya adalah Brad Stone. Buku ini tertulis National Bestseller. Pertama terbit taun 2013

buku The Everything Store (Amazon) - Brand Stone
buku The Everything Store (Amazon) - Brand Stone




Rasanya ini buku ke-2 yang saya baca tentang Amazon, yang sebelumnya adalah buku Working Backward. Tapi kalau cari cari tau tentang Amazon, ngomongin Amazon, dan lain sebagainya sih udah sering. Jadinnya baca buku ini hanya mempertajam dan memperelas persepsi saya tentang Amazon.

Intinya buku ini nyeritain Amazon dari awal berdiri sampai tahun 2013. Nyeritain juga kehidupan personalnya Jeff Bezos, yang ternyata ditinggal oleh ayah kandungnya. Mirip2 dengan cerita Steve Jobs, yang merupakan anak pungut. Buku ini cukup fair, ga nyeritain bagus2nya Amazon doang. Tapi nyeritain juga bagaimana jelek2nya Amazon, mulai dari biaya upah yang rendah, upaya menghindari pajak, dan "gaya preman" yang dilakukan ke vendor atau supplier.

Maksud "gaya preman" kaya gini... Jadi Amazon kan ngejualin banyak barang, awalnya buku, sebagian besar itu mereka BELI PUTUS, jadi bukan kaya di kita. Di kita marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia itu kan barang2nya milik seller, bukan milik si marketplace. Kalau Amazon ga gitu, mereka beli putus. Walaupun belakangan dibuka juga sih seller yang jualan di Amazon, yang barangnya bukan milik Amazon, mereka sebut 3rd party merchant. Nah karena BELI PUTUS ini, Amazon punya bargain tinggi ke supplier2 mereka, kalau ada masalah, kalau ada sesuatu yang ga sesuai keinginan Amazon, tinggal "dimatiin" aja produknya dari web Amazon, semudah itu. Alhasil ya supplier2 itu kepepet juga, karena penjualan turun, Amazon ga beli lagi produk mereka dan seterusnya.. Keren juga ini, patut dicontoh. heheh

Dengan baca buku ini, saya mengukuhkan bahwa Amazon adalah perusahaan dengan oepration (khususnya fulfillment) terbaik di dunia. Tapi saya belum pernah baca artikel tentang kaitannya Amazon dengan Six Sigma. Tujuan besar mereka adalah menyediakan produk semurah murahnya.

Dengan buku ini, saya bisa membedakan 3 pebisnis yang sudah saya baca biografinya.. Steve Jobs, Elon Musk, dan Jeff Bezos. Dari ketiganya sama sama visioner, tapi pembedanya ini.

Steve Jobs --> sangat handal dalam persuasi
Elon Musk --> sangat hebat dalam meng-handle pressure / stress
Jeff Bezos --> sangat expansif dalam bisnis

Oya, saya agak kaget, ternyata lebih dulu Jeff Bezos bikin perusahaan luar angkasa daripada Elon Musk. Ternyata Blue Origin itu lebih dulu ada daripada SpaceX, tapi kebanyakan orang lebih nganggap "keren" si SpaceX ya..

Dan ternyata Amazon lebih dulu menginisiasi database seperti Google Streets / Google Maps, ketimbang Google. Tapi yang win sekarang adalah Google. Versi Amazon apa ya? saya lupa namanya..

Ini makin menguatkan bahwa pioneer bukan berarti champion. Jadi buat anda yang mau mulai bisnis dan nganggep "itu kan udah ada", ga gitu2 amat loh. ya gpp bikin produk yang udah ada, toh meski bukan pioneer tetep bisa jadi champion kok.


Buku ini cocoknya untuk siapa?

- Direktur perusahaan, khususnya bidang operation
- Founder bisnis

untuk mahasiswa / umum, saya kurang menyarankan baca buku ini. Karena sayang aja, mungkin anda tidak bisa mempraktekkan hal hal yang ada di buku ini. Kecuali kalau mau baca dengan tujuan "nice to know"

Catatan pribadi

berikut catatan pribadi saya tentang buku ini:

  • - ... and we genuinely like to invent --> bukti bahwa si Jeff Bezos ini sanagt expansif, coba sana sini bisnis baru
  • - Bezos believed a public offering could be a global branding event that solidified Amazon in customer's minds.
  • - he believed in work-life harmony. I guess the idea is you might be able to do everything all at once
  • - .... each part of the balance sheet as a percentage of value to sales.
  • - If somebody else can sell it cheaper than us, we should le them and figure out how they are able to do it.
  • - ... algorithms that determined that people who bought one particular kind of product were inclined to purchase another specific set of products.
  • - Our marketing strategy is our pricing strategy, which is everyday low pricing.
  • - Jeff, one day you'll understand that it' harder to be kind than clever
  • - Steady progress toward seemingly impossible goals will win the day. Setback are temporary. Naysayers are best ignored.
  • - Bezos wanted to do it and Wilke knew how to do it. It was a hell of a lot of fun, in a very Machiavellian sort of way
  • - ...  where and when to stock particular products within Amazon's distribution network and how to most efficiency combine various items in a cusomer's order in a single box
  • - .... rationalize every expense in terms of the value it creates for customers and allows workers (now called associates) to pull a red cord and stop all production on the floor if they find a defect (the manufacturing term for the system is andon)
  • - .... instrucst manufacturer to focus on maximizing the efficiency of their biggest bottlenecks.
  • - .... coldly allocate capital and manpower and make hyperrational business decision while another executive migh let emotion and personal relationship intrude.
  • - ... theproducts were small, the prices were high, and shipping was relatively cheap.
  • - ... motivating them to place bigger orders and shop in new categories.
  • - They laid out their expectations and if you didn't meet them, they had people waiting to take your job
  • - Bezos sees it as his company's mission to drive inefficiencies out of the supply chain and deliver the lowest possbile price to its customers.
  • - he is far more consumed with pressing forward than looking back
  • - The company is constantly searching for ways to reduce costs and pass on those savings to customers in the form of lower prices
  • - The numbers alone are a proxy for what is working and what is broken, how customers are behaving, and, ultimately, how well the company overall is performing.
  • - Bezos's goals is and always has been to take all the inconvenience out of online shopping and deliver products and services to customers in most efficient manner possible
  • - He will attempt to move faster, work his employees harder, make bolder bets, and pursue both big inventions and small ones
  • - Jeff's clarity, intensity to focus, and ability to prioritize, which has no doubt become ingrained in his key team
  • - .... complaining is not a strategy.

0 Response to "Review Buku: The Everything Store (Amazon)"

Posting Komentar