My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mulai Bisnis dari 0?

setidaknya 2x dalam seminggu terakhir saya mendengar orang yang ngebahas tentang mulai bisnis dari 0. Kebetulan? saya sih ga kepercaya dengan yang namanya kebetulan, masa Allah "hitung kancing"? gak mungkin.

Menarik juga sih, dari 2 sumber yang saya denger "mulai bisnis dari 0", keduanya ga percaya dengan premis itu. Saya juga ga percaya. Ga ada bisnis dari 0. semua butuh modal! entah modal waktu kek, modal internet kek, modal tenaga kek, modal resource kek. semua butuh modal.

Tapi mulainya apaka dari 0?

Sebenernya dengan anda berniat mulai bisnis, itu udah bukan dari 0! hehe. itu niat jg udah ga 0, tapi seberapa kuat niat anda? kalau niat biasa aja ya mungkin 0 koma sekian, tapi kalau niatnya besar berarti 0 nya 0 besar! ah aneh jg premis saya ini. ya gpp lah.

Tapi poin pentingnya, aslinya pebisnis2 hebat itu ga ada yang bener2 mulai dari 0. Kita persempit definisinya "mulai dari 0" = mulai ga punya ilmu, ga punya duit.

Jeff Bezos, mulai Amazon emang bukan dengan modal yang besar, tapi dia lulusan Princeton. Ivy league. Alias universitas bagus lah di US.

Mark Zuckerberg? sempat kuliah di Harvard, sama bergengsinya dengan Princeton.

Bill Gates? doi ini bukan dari kalangan miskin, yang punya akses ke hal hal yang ngulik berbau komputer. Alias dari kalangan yang berpendidikan lah...

kalau lokal siapa ya?

paling yang saya tau Bob Sadino, almarhum ini sebelum bisnis tinggal sama saudara / kerabatnya di luar negeri. Kala itu ke luar negeri adalah hal luar biasa, maka bisa disimpulkan bukan dari keluarga miskin..

Mas Menteri Nadim Gojek? ini lulusan Harvard bro! keren ga?

ya begitulah.. rata2 pebisnis HEBAT itu gak mulai dari 0. Saya garisbawahi, HEBAT ya..

Kalau pebisnis biasa saja, atau pebisnis melarat sih banyak yang mulai dari 0.

Di-PHK, gak punya uang, jualan bakso, lalu buka kedai, banyak yang mengunjungi. Inilah mungkin bisa disebut pebisnis yang mulai dari 0, tapi ya gitu. Bisnisnya ya gitu gitu aja. Gak me-nasional, gak mendunia.

Kalau kata dosen saya, tukang bangunan dan lulusan S1 sipil itu berbeda. Memang kalau buat rumah, tukang bangunan jauh lebih ngerti daripada lulusan S1, tapi kalau mau bikin gedung? mau bikin ruko 5 tingkat? tukang bangunan bisa bengong, karena ga tau ilmunya.

Kalau anda perhatikan, rata2 pebisnis hebat itu bermodalkan pendidikan yang bagus. dan bukan dari jurusan bisnis! haha.. BUKAN DARI jurusan bisnis, saya ulangi. Jadi kalau anda pengen anak anda jadi pebisnis hebat, jangan masukin ke jurusan bisnis ya. hehe

0 Response to "Mulai Bisnis dari 0?"

Posting Komentar