My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Scale Up Channel Youtube?

Alhamdulillah channel Youtube pribadi saya lagi berkembang, subscribernya sih ga seberapa, baru 2900-an. Tapi ini Channel dengan engagement tertinggi yang saya punya.


Wajar sih engagement-nya tinggi. Karena ini materinya emang agak berat, materi2 tentang bisnis. Banyak banget yang nanya.

Kalau dulu waktu hanya nge-blog aja, paling seminggu cuma 1-2 orang yang nanya via WA. Semenjak Serius nge-Youtube, hampir tiap hari ada yang nge-WA. Alhamdulillah seneng. Apakah saya keganggu? ah tidak juga, karena saya bisa memutuskan kapan saya bales WA-nya kapan tidak, biasanya sih baru dibales 24~48 jam setelah WA diterima, tapi kadang juga langsung saya bales. hehe

Itu engagement via WA. yang ga keliatan ke publik.

Yang lebih rame, engagement via Comment Youtube. Kalau Comment di blog ini jarang sekali ada, sebulan 1 komen aja udah bagus. Kalau di Youtube sekarang, sehari itu bisa 20~30 comment..

Sejauh ini sih 20~30 comment/hari itu bisa saya balasin 1 per 1. Ga dibales tiap hari juga, se-sempatnya aja, sesuai prioritas. Dan balasnya sebenernya ga terlalu susah. 60% pertanyaan, sudah saya jawab di video yang lain, jadi ya tinggal kirim link-nya aja. Sisanya 40%, saya jawab serius, dan jadi ide untuk video berikutnya. Jadi engagement ini bagus sekali untuk berkembangnya channel Youtube saya.

Bagus karena jelas algoritma Youtube akan suka, bagus juga karena ngasih ide..

Cuman ya saya lagi kepikiran, saat ini sih masih bisa handle. Subscriber 2900, per hari 20~30 comment. Kalau nanti udah 10rb subscriber? jika dihitung linear, berarti commetnnya bisa 100 / hari.. rasanya ini udah lumayan berat saya baca dan balesin comment-nya. Belum lagi, saya janji ngadain mentoring via online (GRATIS), kalau udah 10rb subscriber, tonton:



Saya lagi nyari solusi gimana ya biar comment bisa terbalas dengan cepat? hire admin? atau dibiarkan aja?

yang paling mungkin yang bisa saya lakukan saat ini, bikin FAQ, yang diarahkan ke video2 saya yang lain. ini lumayan banget cut time.

0 Response to "Scale Up Channel Youtube?"

Posting Komentar