My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Review Jaringan Influencer Shopee



Ini keren juga, Shopee bikin Affiliate Marketing dengan menjaring influencer2. Saya baru nyoba kurang lebih 1 mingguan lah, ROAS nya 33x coy! gede banget ini..

kok bisa ROAS = 33x? karena di affiliate ini sistemnya adalah komisi, jadi kita bisa set berapa % komisi terhadap omzet yang kita kasihkan ke para influencer, dan saya set 3%, eh lumayan banyak juga penjualannya..

Affiliate marketing sebenernya bukan barang baru. Dari jaman dulu udah ada, dari jaman Amazon awal2 berdiri (tahun 90an), affiliate marketing ini nge-hype banget. Karena kala itu orang2 berbondong2 punya web sendiri, berbondong2 punya blog, dan pilihan website / blog yang dikunjungi tentu ga sebanyak sekarang.

Kalau sekarang Affiliate marketing ini biasanya dilakukan oleh influencer di Social Media, jadi kebanyakan bukan lagi blogger (kaya saya). Ciri orang yang "main" affiliate adalah yang sering ngebagiin link, dan linknya aneh2 / panjang2. Wajar link harus panjang, biar bisa dilacak orderan dari setiap influencer.

Jadi begitulah secara singkat sistem affiliate marketing.

Balik lagi ke Shopee.. Sebenernya Shopee bukan yang pertama yang saya pakai tentang influencer atau affiliate marketing. Lazada jg melakukan hal yang sama, jauh sebelum Shopee launching program ini. Tapi nampaknya jauh berbeda deh. Kalau Lazada "pasukan" Affiliate nya itu lebih ke website2 pembanding harga, website voucher, website scraping.. Sedangkan Shopee, sosial media.

Mana lebih bagus? belum berani jawab pasti. Dengan data saat ini, di Lazada saya bisa dapet ROAS 7~13x, di Shopee 33x! tapi di Shopee kan baru 1 minggu, masih terlalu dini.

Rencananya dalam 1 bulan kedepan saya akan pantau iklan affiliate ini, kalau OK dan bagus, saya coba naikkan komisinya, mudah2an bisa nambah banyak omzetnya.

0 Response to "Review Jaringan Influencer Shopee"

Posting Komentar