My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Just in Time untuk UMKM Online Shop?

Setau saya, ga banyak praktisi UMKM ngerti tentang Just in Time.. apakah ini bisa dipraktekkan? apaain sih Just In Time itu?



definisi dulu..

Apa itu Just-In-Time?

biar gampang kita singkat jadi JIT ya, orang2 udah mahfum juga dengan penyingkatan ini.
Jadi JIT itu sesuai namanya, yaitu tepat pada waktunya. Menjual sesuatu tepat pada waktunya. Membuat sesuatu tepat pada waktunya. Dalam hal ini dikhususkan terhadap inventory management, atau manajemen gudang anda.

Biar lebih faham, coba bayangkan..

bagaimana jika anda menjual produk Pre Order, tapi pembuatannya kurang dari 1 hari. Artinya si pembeli ga merasa itu pre order! artinya anda memproduksi dadakan ketika orderan masuk, dan pembeli senang. karena pengiriman cepat, dimana jualan online itu salah satu yang terpenting adalah pengiriman cepat.

Dengan kaya gini, gudang anda akan lebih efisien kan? ga perlu nyetok banyak2 barang jadi. Cukup nyetok barang mentah, atau barang setengah jadi..

Coba bayangkan pedagang nasi goreng. Abang nasi goreng, baru masak ketika ada orderan masuk kan? jadinya dia lebih leluasa nyetok bahan baku. Padahal kan ga hanya jualan nasi goreng?

mudah2an jadi terbayang, seberapa "keren"-nya konsep JIT ini. Membuat gudang anda lebih efisien, membuat anda lebih profitable.

Yang terpenting dari JIT

yang paling penting dari JIT adalah bagaimana kita meramalkan penjualan kita. Atau bahasa kerennya adalah forecast.

Saya kaget juga, masih banyak pedagang online shop yang nga ngerti tentang meramalkan penjualan. Padahal jualan online kan datanya mudah sekali didapat.

Jadi kalau kita bisa meramalkan penjualan kita, katakanlah minggu depan, ya kita bisa persiapkan stok sesuai itu dong.. sehingga lebih efisien. Produksi 10, terjual 10. Tidak ada penumpukkan.

Cuman masalahnya memang peramalan penjualan itu ga akan mungkin akurat 100%. Tapi daripada tidak dilakukan? kalau saya, sudah pernah berhasil menemukan peramalan yang akurasinya 90%. ini lumayan banget loh untuk meminimalisir penumpukkan barang di gudang.

selain forecast, yang terpeting lainnya adalah;
  • lead time --> anda harus tau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap aktivitas produksi anda. spesifik! SKU A dibikin berapa hari, SKU B dibikin berapa hari, dan seterusnya. Dengan data ini, anda kan bisa memeprsiapkan dengan "pas" kapan harus mulai nyetok SKU A dan SKU B. daaaannnn seterusnya
  • Bahan baku --> ini kaitannya dengan lead time juga, jika ada bahan baku yang memang pengadaannya sangat lama. Terpaksa harus ditumpuk juga. ya gpp.
  • Vendor --> vendor yang kooperatif salah satu kunci sukses JIT. Sekarang kalau anda punya supplier yang slow respon, banyak maunya, ini menghambat banget dalam proses JIT dari bisnis anda.

Apakah UMKM online shop bisa?

YES bisa! ini sebenernya konsep sederhana, tapi memang prakteknya ngejelimet. Konsep JIT ini biasa diterapkan di pabrik besar, tentu harusnya bisa juga diterapkan di skala UMKM.

Memang gak mungkin 100% JIT. tapi kalau udah dapet 70%? 80%? udah lumayan banget kan..

--

mudah2an ada manfaatnya
terima kasih

0 Response to "Just in Time untuk UMKM Online Shop?"

Posting Komentar