My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Apakah EBT Penting?

buat yang ga tau... EBT itu energi baru terbarukan.. bahasa inggrisnya, renewable energi.. yaitu energi yang sumbernya akan terus ada, berbeda dengan sumber energi fosil, yang ada kemungkinan bisa habis (entah kapan)..

Sebenernya EBT ini udah lama banget rame, dari jaman saya kuliah S1 udah sering dibahas. dimana mana.. di himpunan.. di forum akademis.. saat nongkrong juga bahas ini.. maklum mahasiswa ITB.. sombong... hehe..


Meski sekarang saya adalah full-time dagang, tapi masih ada ketertarikan loh untuk ngikutin teknologi. Kemarin S1 Teknik Kelautan ngadain Webinar tentang Renewable Energy ini. Yang merupakan rangkaian acara dari IOE, Indonesia Ocean Exhibition 2022..

Yang jadi pembicara, 2-2nya saya kenal. Pak Ahmad Mukhlis Firdaus dan Pak Farid Putra Bakti.. Pak Ahmad ini senior saya, terkenal bangetlah di kampus.. Beliau angkatan 2000, saya 2008, beda 8 tahun, tapi berita tentang doi masih terus menyebar di angkatan saya. hehe.. Kalau pak Farid ini, teman seangkatan saya.. Dulu pernah jadi bawahan saya di kampus.. hahaha sombong lagi..

Yang jelas beliau beliau ini hebat lah. Salut. Keren... kalau anak saya masuk Kelautan ITB juga, nanti mereka ini yang ngajarinnya. Ga perlu khawatir apa2.


balik ke judul...

Semenjak saya baca buku Turn Ship Around, buku tentang leadership di kapal selam US Marine.. Saya jadi tertarik sama tenaga nuklir, jadi googling2, kalau ga salah sampai berjam jam saya penasaran tentang tenaga nuklir ini.

Soalnya... si kapal selam punya Amerika itu, pakai tenaga nuklir! katanya seumur hidup ga perlu ganti bahan bakar. gila ga tuh? isinya itu ada 50an orang loh.. bayangin AC nya, kompornya, propulsinya, daaannn semuanya,, pakai tenaga nuklir. Pembangkitnya (reaktor) cukup 1 aja sih, dan sekali lagi, itu ga perli diganti bahan bakarnya (nuklirnya) seumur hidup!! ngeri ga tuh??

Hasil saya Googling2, dan nanya juga ke pak Farid (waktu itu pernah jumpa).. Tenaga nuklir itu memang hasil energi yang paling efisien dari segi tenaga yang dihasilkan... Bayangin aja, kapal selam aja ga butuh ganti bahan bakar, padahal pasti listriknya running 24 jam. Ini nyelem bro. di dalem laut ga ada parkiran.  mesin harus nyala terus.. mudah2an kebayang ya...

ya semua sepakat, bahwa tenaga nuklir adalah tenaga yang paling besar hasil keluaran energinya.. 

Tapi....

ada isu lingkungan, ada isu bahaya untuk masyarakat..

Sebenernya saya agak heran, dari semenjak bom Atom Hiroshima Nagasaki, orang ke bulan, sampai sekarang jaman Artificial Intelligent, masa sih masalah keamanan ga solve-solve teknologinya? aneh...


Usut punya usut, ada teori konspirasi.. katanya nuklir akan terus "dipersulit" secara politik dan stigma, selama oil & gas dan bahan bakar fosil lainnya masih berjaya.. masuk akal sih. kalau semua migrasi ke nuklir, berapa juta karyawan hilang pekerjaan? sektor oil & gas-nya jelas kehilangan kerjaan.. sektor finance juga pasti! karena peminjam terbesar bank bank gede ya oil & gas!


mau riset nuklir, dianggap mau bikin mass-destructive weapon. ah muter2lah pokoknya kalau udah bicara soal teori inspirasi..

......

nah kalau saya berandai-andai.. OK nuklir itu teknologinya udah mature.. Tapi ada kendala politik. Kenapa kita capek2 riset tentang EBT / renewable energy dong?


Toh kalau sampai bahan bakar fosil habis, ya kita pindah aja ke nuklir dengan berbagai resikonya.. Kan "tinggal" pakai aja. Tinggal perkuat protokol supaya tidak terjadi kebocoran PLTN, tidak terjadi human error, atau membuat teknologis save buat nuklir.. itu di kapal selam, orang2 tidur 1 lokasi dengan reaktor nuklir, berarti udah ada dong caranya supaya tenaga nuklir ini aman buat manusia? hayoh?


oya trus saya jadi kepikiran, BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), kerjaannya ngapain ya?

---


ya itu aja tulisan ngalor ngidul ini. siapa lah saya bukan ahli energi.

0 Response to "Apakah EBT Penting?"

Posting Komentar