My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Google Account Disabled

Akun Google diblok
Akun Google diblok

Kalau anda "nyasar" di sini gara2 ga bisa akses Youtube, atau akun Youtube diblokir/banned, bisa baca dulu artikel ini: Akun Youtube Dihapus!

Beberapa hari lalu, pas pagi2 saya cek HP, kok ada yang aneh.. saya ga bisa akses file pekerjaan saya yang di Google Drive.. Eh ternyata diminta login, masukin password.. Saya kan ga hafal password saya, saya simpen di File Google Drive akun tersebut.. Jadinya saya pinjam HP istri saya, yang akunnya udah saya share file ttg password2 saya... eh ternyata gak bisa akses juga!

lah kok aneh?? yaudah saya pikir, cobain klik forgot password, atau reset password. Ikuti langkah2nya, verifikasi HP , verifikasi secondary email dst.. alhasil saya bisa login lagi pakai akun Google saya..

siang harinya, ketika saya buka email. Ternyata kasus pagi tadi bukanlah hal biasa, ternyata akun Google saya DIBLOKER atau DISABLED.. tapi karena ketika itu masih bisa diakses, yaudah saya ga ambil pusing..

Ehhhhh beberapa jam kemudian, kejadian lagi! sy cek email secondary saya, dan ada pemberitahuan bahwa akun saya tersebut DISABLED (lagi). waduh! hah kok bisa gini... Saya cek WA pun, para karyawan minta akses ke file2 kerjaan, karena tiba2 ga bisa diakses. waduh gawat banget ini.

Kala itu saya lagi mau pergi, udah di atas motor! saya tunda dulu, buka HP dan solve problem ini..

Saya gak langsung klik "try to resolve" seperti yang ada di email. Tp sy cobain dulu deh seperti tadi pagi, request reset password. Reset password berhasil, saya gunakan password yang benar benar BARU.. utak atik ini itu. berhasil. dan akun saya bisa diakses lagi, file2 kerjaan kantor juga bisa diakses lagi.. alhamdulillah...

Kenapa akun Google saya bisa di-disabled?

saya udah nanya CS Google via chat, jawabannya normatif. Alias disuruh baca policy-nya Google. Trus saya push lagi, saya ingin tau case realnya akun saya itu apa? si CS ga bisa jawab..

di email juga ga ada pemberitahuan detail kenapa akun saya disabled..

Praduga saya...

Ada yang bisa nge-akses akun Google saya, soalnya saya emang simpan hampir semua password di suatu file Google Docs dan Google Sheet.. Dan password2 itu kadang ada yang sama..

Apa yang saya lakukan?

Setelah kejadian ini, saya akan ganti password BERKALA. sebenernya udah dilakukan sih, tapi hanya untuk akun Google Workspace alias email2 kantor. Sekarang saya akan berlakukan juga untuk email pribadi.

khusus untuk email2 pribadi, saya mengaktifkan 2-step-verification, jadi lebih aman.

Lalu saya mendelete file2 password saya. Sebelumnya saya duplicate dulu, jadi link GDocs dan GSheetnya baru.. harapannya kalau si hacker bisa file yang lama silahkan, sudah saya delete, tapi saya punya file baru.

Setelah kejadian di atas, saya langsung ganti SELURUH login akun Google. Pribadi dan kerjaan, total mungkin ada 10an email.. dan alhamdulillah sampai sekarang (3 hari dari kejadian), belum kejadian disabled lagi..

Oya, mulai sekarang saya lebih prefer pakai password generator, daripada pakai password yang diingat. Karena kalau password yang diingat, cenderung membentuk suatu pola. Yang mungkin banget bisa "ditelaah" oleh si hacker

--

itu aja sharingnya, semoga bermanfaat.

0 Response to "Google Account Disabled"

Posting Komentar