My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Mobil Pengumuman = Pemborosan

Semenjak pandemik Covid menerpa, saya sering kali menemukan ada mobil pengumuman jalan..


maksudnya mobil yang ada suara orangnya, entah pakai TOA entah pakai mic..


Apa ya di pikiran mereka? berharap banyak orang denger? Berharap yang di jalan pada denger? atau berharap yang di rumah pada denger?


Kemarin banget saya lihat ada mobil pengumuman kaya gini, lumayan heboh, suaranya keras.. Saya lagi duduk di cafe pinggir jalan.. daaaannnn.. Saya tidak mendengar sedikit-perkataan si orang yang di dalem mobil..


Suara nya emang kenceng, tapi ga jelas. trus mobilnya kan jalan, yang kedengeran hanya sepotong. Yang saya inget hanya perkataan: "bapak2 / ibu2"... hadoh.. jadi mau menyampaikan pesan apa mereka itu?


Kalau untuk ngasih tau orang yang di rumah / diam di pinggir jalan = gak mungkin, waktu mobil lewat yang hanya beberapa detik ga bisa memberikan pesan seluruhnya..


Kalau untuk ngasih tau orang yang lagi naik motor atau naik mobil, mana mungkin fokus?? ok kedengeran.. ok seluruh pesan tersampaikan.. tapi apakah "didengerin"? rasanya enggak deh..


ini namanya PEMBOROSAN..


entah apa di pikiran bapak2 PNS, bapak2 polisi, bapak2 Puskesmas meluncurkan program "mobil pengumuman" ini. Ngabis2in duit aja..


Seberapa boros?

1 mobil dipakai dalam +- 1 jam, keliling2.. katakannlah udah sama bensin = 50rb rupiah


1 orang supir, 1 orang operator elektronik, 1 orang anouncer, 1 orang lagi ikut2an = 4 orang = katakanlah gaji per bulannya 5jt/orang, berarti per hari = 170rb/orang.


kelilingnya 1 jam, persiapannya? selesai keliling, saya yakin ga langsung ngantor lagi.. jadi saya berani katakan, 4 orang tersebut melakukan MOBIL PENGUMUMAN seharian full. kalaupun ke kantor, ga kerja efektif. berarti ngabisin uang = 4 x 170rb = 510rb


Oya belum konsumsi.. Ala-ala PNS kan kalau keluar kantor pasti dapat uang konsumsi.. ya katakanlah yang murah aja ya.. 100rb udah untuk 4 orang


Trus biaya alat2 dan operasional lainnya.. anggaplah cuman 50rb..


jadi total biaya untuk mengadakan MOBIL PENGUMUMAN = 50rb + 510rb + 50rb = 610rb!


610rb dan ga dapet apa2! ga ada orang yang denger... haduhh..


Jadii...


menurut saya, daripada ngadain mobil pengumuman, mendingan  juga "tembak" FB Ads / Google Ads.. Sekarang kan udah bisa nargetin via location, jadi betul2 tertarget tuh.. 


Tapi kan gak semua orang buka HP? lah kata siapa... saya rasa hampir 80% orang sekarang buka FB / buka Youtube / lainnya, yang sangat bisa dijangkau melalui iklan..


lalu 20% lagi gimana? si 20% ini lambat laun kena juga informasi dari si 80%.. si 20% ini terdiri dari orang yang non-gadget dan orang2 skeptis.


ya kalau emang orang2 skeptis, mau metodenya gimana juga ya percuma. Mau mobil pengumuman, motor pengumuman, iklan, dan lain sebagainya, sama2 percuma...


Tapiiii....


Saya rasa instansi pemerintahan belum ada yang "main" ads / iklan deh.. harusnya sekarang ads / iklan itu ada di semua perusahaan, bukan hanya untuk jualan loh.


ya begitulah, pemikiran asbun omdo ini..


semoga ada manfaatnya.... 

0 Response to "Mobil Pengumuman = Pemborosan"

Posting Komentar