My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Ikut sertifikasi CFP?

Saya lagi serius belajar finance untuk bisnis saya, at least mau bikin pelaporan keuangan yang baku sesuai standard.. Seru, saya suka. Lumayan agak faham sih.. Tapi ada beberapa kasus yang saya masih agak bingung, dan kasusnya cukup spesifik, Googling ga nemu (mungkin). Alhasil saya tanya2 temen saya yang orang finance, wah hebat! terjawab semua..

Salah satu teman saya itu ternyata sudah sertifikasi CFA.. 

apa itu CFA? Charterred Financial Analyst. Yang biasanya ngurusin saham, surat hutang, dan lain sebagainya lah..

tp ada yang lebih simple, yaitu CFP. CFP itu singkatan dari Certified Financial Planner. Senangkep saya, sebenernya sama aja akuntan, cuman dengan sertifikasi ini, si akuntan terbukti bukan hanya "buruh hitung" tapi bisa mikirin strategi financial (planning).

Wah saya pikir, kayanya boleh juga tuh saya ikutan CFP..

Googling2 singkat. ternyata ada beberapa sarat yang harus dipenuhi. Yang mungkin agak berat buat saya adalah ternyata harus ada experience di industri keuangan minimal 3 tahun.. lah saya kan emang ga kerja di industri keuangan, cuman kan saya ngurusi keuangan perusahaan saya sendiri. Harusnya saya lebih jago dong. hehe..

Jadinya saya email ke penyelenggara CFP namanya FPSB Indonesia.. Email2an, saya tanya syarat dan ini itu. Lalu saya bilang, saya lulusan MBA tapi ga punya pengalaman kerja di industri keuangan, tapi saya pemilik bisnis dengan +-50 karyawan dan masih mengurusi keuangan sendiri..

Singkat cerita, mbak FPSB ini minta saya ngirimi mereka CV. yaudah saya kirim saja CV saya, CV saya cuma 1 lembar. hehe...

besoknya dapat email, ya saya qualified! hehe alhamdulillah.. tapi harus ikut kursus dulu ke lembaga pendidikan resmi yang ditunjuk oleh FPSB.. ok lah ga masalah saya pikir, toh yang penting kan ilmunya, bukan sertifikasinya..

Saya browsing di web FPSB ini, yang terdekat dari domisili saya, lembaga penyelenggara kursus CFP ini ada di Universitas Kristen Maranatha.. Sisanya luar bandung, seperti UI UGM, dlsb.. mungkin bisa online juga sih kursusnya. Ya tak mengapa, saya kepoin website Maranatha, biayanya itu kurang lebih 12jt utk ikutan kursus. itu 4 modul, tiap modul ada 3 pertemuan. Jadi ya kurang lebih 1jt/pertemuan..

mmmm... mahal ga ya? relatif..

Saya jadi mikir ulang. apakah saya perlu ikutan sertfikasi? atau mending cari tempat les / kursus finance yang lebih murah?

Punya gelar CFP mungkin keren juga.. tapi apakah worth? ilmu-nya sih jelas worth..

Apakah 12jt berat buat saya? buat pribadi sih berat.. tp kalau ini dihitung sebagai investasi, ya ga berat. 12jt mah murah. Asal dipastikan ilmunya memang bermanfaat buat bisnis saya..

Jadi initinya postingan ini saya lagi bimbang, apakah ikuti proses sertifikasi CFP atau ikutan les akuntansi biasa?

0 Response to "Ikut sertifikasi CFP?"

Posting Komentar