My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Customer Online itu Baik Baik loh

Saya pernah bahas soal komplain customer online shop, di sini: https://www.garoblogz.com/2021/08/tips-menghadapi-ulasan-penilaian-buruk.html

Walaupun kalau dapet komplain, bikin gemes hati.. Meskipun suka ada komplain yang gak nyambung... Tapi asilnya customer online shop itu baik baik loh..

Saya berani bilang gini karena...

Brand saya yang Bajuyuli itu beberapa kali menurunkan kualitas produk, ehh ternyata review-nya sama aja. alhamdulillah.. ini beberapa contoh kasus

Tadinya semua produk kami usahakan di-uap / setrika dulu.. Tapi karena terlalu lama nge-uapnya, dan belum sanggup nambah orang untuk ini. Terpaksa uap kami stop.. jadinya kami kirim produk kami dalam keadaan lecek.. ehh tp alhamdulillah tuh, ulasan di Shopee, Tokopedia, Lazada secara umum ga berkurang..

Tadinya semua pesanna kami kirimkan pakai plastik yang tebel dan ada logo kami-nya. Terlihat keren lah, terlihat premium. Tapi karena kami berpikir, duh ini pemborosan, karena si plastik pasti dibuang oleh si customer.. Jadinya kami STOP! ehh alhamdulillah, ga ada pengurangan ulasan tuh...

Contoh selanjutnya.. Mungkin ini yang paling "parah".. Ngakalin pemakaian kain, supaya lebih hemat.. Jadi ini latar belakang paling umum adalah untuk neken HPP.. Jadi kami memilih neken HPP daripada menaikkan harga jual.. Sehingga produk kami, yang (misal) tadinya jilbabnya panjangnya 25cm, berkurang jadi 24cm.. dan seterusnya.. Hal seperti ini berulang kami lakukan, ehhh alhamdulillah.. Ga mengurangi ulasan kami secara umum kok.. Ada sih yang komplain, tapi ternyata yang ga komplain lebih banyak. hehe.

itu soal kualitas produk ya..

Kalau kualitas service, itu ga bisa ditawar menurut saya. FAST RESPON = WAJIB.. PENGIRIMAN CEPAT = WAJIB.

Lumayan banyak loh yang ngasih bintang 1 & 2 gara hal itu. Gara2 chat lama dibalas, gara2 pengiriman berhari hari, daaannn seterusnya.. jadi sekali lagi kalau untuk service WAJIB ngasih yang terbaik ya..

Apa pentingnya hal ini?
Jadi saya cuma mau ngasih tau.. Anda harus melihat customer anda dari sudut pandang yang adil, dan mengedeapnkan khusnuzon.

Jangan bilang.. Customer banyak yang komplain.. Seberapa banyak? mana lebih banyak, yang komplain atau yang ga komplain? yang komplain sangat mudah terhitung, kadang yang gak komplain (bahkan ngasih ulasan bagus), ga kita hitung.

Ada lagi kasus, penjual online shop mengatakan: "percuma nulis deskripsi produk, ga dibaca"... Lah? tau darimana ga dibaca? taru dari chat, masa nanya lagi hal yang sudah tertulis di deskripsi..

nah pikiran seperti itu kurang adil. Seberapa banyak yang baca deskripsi lalu langsung checkout? saya rasa lebih banyak yang lsg checkout daripada yang chat dulu.

Lalu bagaimana dengan toko yang ulasannya kurang dari bintang 4?

wah ini parah banget sih menurut saya. Kemungkinan besar toko yang kaya gini itu toko yang reseller / dropshipper tapi pengiriman-nya super lambat.

0 Response to "Customer Online itu Baik Baik loh"

Posting Komentar