My Sticky Gadget

Bajuyuli baju muslim anak perempuan

Diagnosa Toko Online. Saya bukan Dokter.

Beberapa kali ada yang ngontak saya. Nanyain tentang bisnisnya, lalu ybs ngirim link tokonya di Shopee kek, di Lazada kek, atau dimanapun.. Lalu bilang gini: "mas tolong liatin ini toko saya.. kira2 apa yang kurang ya?"

atau pertanyaan sejenis itu..

Ga salah sih sebenernya ada orang yang nanya kaya gitu. Cuman jujur aja saya bingung jawab apa.


Bisnis online bukan diagnosa di luar terus tau penyakit dalem. Artinya bukan dengan hanya melihat toko dari sisi front-end saja terus udah keliatan masalahnya dimana. Harus dibuka jeroannya supaya keliatan.


Front-end itu hanya memperlihatkan judul, foto, harga.. Ga nunjukkin pageview, ga nunjukkin berapa orang yang masukin ke keranjang, dannn masih banyak data lain yang penting. Dari data situ lah biasanya saya "mendiagnosa" kesalahannya dimana. Hadi harus tau jeroannya, ga bisa liat luarannya doang.


Kalau saya maksa untuk mengomentari suatu toko dengan hanya melihat luaran, jadinya ini subjektif. Ga bisa dipegang dengan pasti...


Misal soal foto.. saya sukanya yang clean background putih. Tapi bukan berarti toko yang background-nya "rame" ga laku. Banyak kok yang laris manis..

Misal soal harga.. kalau disodorin toko tertentu, menjual apapun, saya sih lsg mikir: saya pribadi mau beli ga barang ini.. Sangat subjektif sekali. Kalau urusan fashion, saya pribadi pelit! hehe.. tp kalau urusan perkomputer-an, saya kadang suka khilaf.. beli mahal, eh ga kepake. subhanallah.. hehehehe


Jadi sebenernya paling tepat itu, kalau anda bingung stuck soal bisnis anda, bukan nyodorin toko anda lalu minta dicari masalahnya. Tapi anda harus mencari dulu MASALAHNYA dimana.. baru tanyain, solusi dari masalah tersebut. Dan biasanya masalah2 di jualan online itu sudah banyak orang yang mengalami. Jadi solusinya Insya Allah. Yang membedakan hanyalah urutan masalahnya, dan jenis masalah yang orang2 hadapi.


ya begitulah.. saya juga masih terus belajar dalam jualan online, dan sepertinya tidak akan ada ujungya.. Dunia online lagi berkembang, skg gini besok bisa gitu. Bulan ini gini, bulan depan bisa2 udah ga relevan. cepat sekali. Harus siap belajar cepat!


sekian aja, mudah2an ada manfaatnya.

0 Response to "Diagnosa Toko Online. Saya bukan Dokter."

Posting Komentar